Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Tuan Rumah, Gajah Perang Dipermalukan Timnas Indonesia, Keok 3-1 dalam Laga Semifinal Piala AFF U-23 2023
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 25-08-2023 | 08:04 WIB
pemaina_timnas_indonesia_b.jpg Honda-Batam
Timnas Indonesia U-23 menang 3-1 atas Thailand U-23 dalam laga semifinal Piala AFF U-23 2023, di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam (Foto: PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 menang 3-1 atas Thailand U-23 dalam laga semifinal Piala AFF U-23 2023, di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam.

Thailand yang berstatus sebagai tuan rumah mencoba menggebrak pada menit-menit awal laga. Serangan Thailand bisa diredam Indonesia. Tim Merah Putih yang berstatus tim tamu pun kemudian merespons dengan serangan yang cukup merepotkan lawan.

Kedua tim langsung tampil menyerang sejak pertandingan bergulir. Berbagai serangan pun dilancarkan demi mendulang gol.

Timnas Indonesia U-23 membuka keunggulan pada menit kesembilan. Jeam Kelly Sroyer melepas tendangan dari luar kotak penalti, setelah menerima bola umpan dari Arkhan Fikri.

Tim Merah Putih pun menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Lemparan jarak jauh Robi Darwis disambut Muhammad Ferarri, sehingga gawang Thailand kembali bergetar.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Indonesia terlena. Thailand berhasil mendulang gol pada menit ke-36. Indonesia pun terus menggempur pertahanan lawannya.

Taktik menyerang yang diterapkan Shin Tae-yong pun berbuah manis.

Thailand mencetak gol bunuh diri pada masa injury time. Tendangan Haykal Alhafiz disundul ke dalam gawang Thailand oleh Natcha Promsomboon.

Skor lantas berubah menjadi 3-1 hingga babak pertama berakhir. Memasuki paruh kedua, Thailand langsung menggempur pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Skuad Gajah Perang mencoba memperkecil ketertinggalan dengan melancarkan berbagai serangan. Akan tetapi, Indonesia bertahan dengan solid.

Gelombang serangan yang dilancarkan Thailand mampu diredam Muhammad Ferarri dan kawan-kawan. Indonesia pun merepotkan pertahanan Thailand lewat skema serangan balik.

Namun, upaya yang dilancarkan skuad Garuda belum berbuah positif. Skor pun bertahan 3-1 hingga pertandingan berakhir. Timnas Indonesia U-23 akan bersua Vietnam di final Piala AFF U-23 yang akan digelar pada Sabtu (26/8/2023).

Beri Selamat

Sementara itu, Pelatih Thailand U-23 Issara Sritaro mengakui kehebatan Timnas Indonesia U-23 di babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Kamis (24/8/2023).

"Selamat untuk Indonesia. Pada pertandingan ini kami tidak bermain bagus," ujar Issara Sritaro dikutio dari video yang diunggah AFF.

Kekalahan dari Indonesia membuat Thailand harus beradu nasib dengan Malaysia dalam perebutan peringkat ketiga, Sabtu (26/8).

"Kami akan berusaha mengakhiri turnamen ini sebaik mungkin, dan mudah-mudahan itu bisa tercapai," tutur Sritaro.

Pelatih Shin Tae Yong juga memberikan pujian kepada Timnas Indonesia U-23 yang berhasil mempermalukan tuan rumah Thailand 3-1 di semifinal Piala AFF U-23 2023.

STY girang Garuda Muda mengalahkan Gajah Perang Muda. Pasalnya Indonesia tidak tampil dengan kekuatan sejumlah pemain utama.

"Para pemain bekerja keras dan memberikan seluruh kekuatan mereka di lapangan," ujar Shin Tae Yong usai pertandingan.

"Dengan tidak adanya beberapa pemain penting, banyak masalah yang harus diatasi, dan para pemain Indonesia tetap memberikan yang terbaik," ucap Shin Tae Yong menambahkan.

Kemenangan atas Thailand di semifinal dianggap Shin Tae Yong bukan saja meloloskan Indonesia ke final Piala AFF U-23 2023, namun juga menambah kepercayaan diri Arkhan Fikri dan kawan-kawan saat melawan Vietnam nanti.

"Saya senang karena para pemain ini setidaknya mendapatkan kepercayaan diri yang besar," tutur Shin Tae Yong.

Editor: Surya