Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas U-23 Akhirnya Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-08-2023 | 09:20 WIB
timnas_u23_aff2023.jpg Honda-Batam
Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-23 setelah Malaysia dan Vietnam menang di pertandingan terakhir fase grup, Selasa (22/8/2023). (Dok. PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Empat negara memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Timnas U-23 Indonesia terhindar tereliminasi, Garuda Muda mujur bisa lolos berkat kemenangan Vietnam dan Malaysia.

Thailand menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023.

Tim besutan Issara Sritaro itu lolos setelah menjuarai Grup A. Thailand sukses mengemas poin sempurna, sembilan.

Pada laga perdana babak penyisihan, Thailand mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0. Setelah itu Thailand mengalahkan Brunei Darussalam juga dengan skor 3-0.

Terakhir mereka menang atas Kamboja dengan skor 2-0. Sejauh ini Thailand mencatatkan cleansheet.

Malaysia juga memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di PTT Stadium, Selasa (22/8/2023). Dengan hasil itu Malaysia mengemas poin sempurna enam poin dari dua laga.

Sebelumnya, tim besutan Elavarasan itu menang atas timnas U-23 Indonesia dengan skor 2-1. Selanjutnya, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di Rayong Province Stadium, Selasa (22/8/2023).

Sebelumnya, Vietnam mengalahkan Laos dengan skor 4-1 pada laga pertama mereka di Grup C.

Kemenangan Vietnam dan Malaysia membantu timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal.

Filipina yang kalah dari Vietnam tentunya tak mampu menggeser timnas U-23 Indonesia di klasemen runner-up terbaik.

Timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik. Untuk semifinal nanti, Thailand sebagai juara Grup A akan melawan timnas U-23 Indonesia yang lolos sebagai runner-up terbaik.

Sementara Malaysia akan melawan Vietnam. Laga semifinal akan digelar pada 24 Agustus 2023.

Mengapa Indonesia

Kepastian Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 masih jadi perdebatan. Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa bukan Kamboja yang lolos?
Merujuk regulasi AFF, tim yang berhak lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 adalah tiga juara grup dan satu runner up terbaik.

Tiga tim yang berhasil finis sebagai juara grup adalah Thailand (A), Malaysia (B), dan Vietnam (C). Ketiganya dipastikan lolos otomatis ke semifinal.

Sementara, Indonesia mengamankan slot terakhir lewat jalur runner up terbaik. Yang mungkin masih mengundang tanya sebagian orang, perolehan poin Indonesia sebenarnya di bawah Kamboja.

Indonesia kukuh di puncak klasemen runner up terbaik dengan perolehan tiga poin dari dua penampilan di fase grup.

Posisi kedua dan ketiga masing-masing dihuni Kamboja dan Filipina. Kedua tim sama-sama mengemas satu poin dalam perhitungan runner up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Kamboja sebenarnya mengemas empat poin di Grup A berkat kemenangan telak 5-0 atas Brunei Darussalam dan imbang 1-1 lawan Myanmar.

Namun, kemenangan telak Kamboja atas Brunei Darussalam tidak dihitung karena Grup A berisikan empat tim, sedangkan grup lain hanya tiga tim. Maka hasil melawan tim juru kunci tak masuk hitungan.

Usai kalah dari Thailand, Kamboja dianggap mengemas satu poin dalam klasemen runner up terbaik Piala AFF U-23. Hal serupa juga dialami Myanmar yang menang lawan Brunei.

Editor: Surya