Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Tengah Guyuran Hujan, Rutan Kelas I Tanjungpinang Tetap Semangat Gelar Upacara HDKD ke-78
Oleh : Devi Handani
Senin | 21-08-2023 | 16:20 WIB
upara_rutan_pinang.jpg Honda-Batam
Peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Hari Dharma Karya Dhika Ke-78 Tahun 2023 di lapangan Rutan Tanjungpinang, Senin (21/08/2023) (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang Kanwil Kemenkumham Kepri menggelar upacara bendera pada puncak peringatan HUT Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78 tahun 2023 di lapangan Rutan Tanjungpinang, Senin (21/08/2023).

Upacara Hari Jadi Kemenkumham (HDKD) tahun ini mengusung tema 'Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju' dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham seluruh Indonesia.

Walaupun pelaksanaan upacara sempat diundur dikarenakan hujan deras mengguyur Kota Tanjungpinang, upacara peringatan Hari Lahir Kemenkumham RI tetap dilaksanakan dengan khidmat dan sakral oleh pejabat struktural, seluruh pegawai dan warga binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang. Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM, pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks Panca Prasetya Korpri dan teks UUD NRI Tahun 1945 oleh petugas upacara.

Sebagai Inspektur Upacara, Kepala Seksi Pengelolaan, Aldina Joanita menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kasi Pengelolaan menyampaikan pada peringatan Hari Lahir Kemenkumham RI adalah upaya merefleksikan semangat kita, segenap insan Pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas.

"Saya yakin dan percaya adanya perubahan kultur birokrasi yang luar biasa jika saja nilai-nilai yang terkandung didalam tata nilai dan semangat "PASTI" profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif bukan hanya berada pada tataran jargon, namun bertemu pada muara di lapangan," ucap Aldina membaca amanat Menkumham.

Selanjutnya di dalam amanat, Aldina menyampaikan untuk setiap jajaran membangun citra positif Kemenkumham dan hindari penyalahgunaan wewenang karena tugas kita dipantau oleh masyarakat.

"Saya harapkan, jangan ada lagi penyalahgunaan tugas dan wewenang, tidak ada lagi perilaku Pegawai yang melanggar disiplin kode etik, dan melanggar hukum. Bangunlah citra positif dan hiasi Kementerian ini dengan berbagai prestasi dan capaian positif," ungkap Aldina.

"Pada dasarnya, Tuhan Yang Maha Kuasa dan juga masyarakat mengawasi kita, sekecil apapun gerak-gerik kita terus dipantau. Mengembalikan kepercayaan publik itu tidaklah mudah, maka pertahankan dan terus tingkatkan kepercayaan masyarakat dengan berkinerja baik, beretika, profesional serta berintegritas," tutupnya.

Editor: Surya