Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Robot Karya Siswa SMKN I Bintan Utara Dipamerkan di Iven Muda Fest Lagoi Bay
Oleh : Harjo
Minggu | 20-08-2023 | 15:32 WIB
robot_smkn_binut.jpg Honda-Batam
Robot karya Siswa-siswi SMKN Bintan Utara dipamerkan di Iven Muda Fest di Lagoi Bay (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Setidaknya ada tiga karya anak-anak.SMKN I Bintan Utara, yang dipamerkan dalam iven Muda Fest yang diinisiasi oleh Sekolah Tunas Bangsa Bintan Resort di Lagoi Bay, Bintan, Minggu (20/8/2023).

Ketiga robot yang dipamerkan diantaranya, robot smart car IOT (with phone app), robot line follower dan robot smart car (automatic car ultrasonic) , yang bisa langsung dicoba oleh para pengunjung dalam pameran tersebut.

Siswa kelas XII Teknik Elektronika Industri, SMKN I Bintan Utara, M Gandi Putra, kepada BATAMTODAY.COM, menyampaikan robot hasil karya siswa-siswi SMKN I Bintan Utara ini, diaplikasikan untuk jasa pengantar seperti mengantar makanan dan lainnya.

"Melalui aplikasi dari handphone yang kita siapkan, robot bisa langsung digerakkan otomatis, sesuai kebutuhan baik jasa yang bisa membantu meringakan pekerjaan tertentu atau untuk mainan anak-anak," ungkapnya.

Untuk menciptakan robot sejenis ini, dibawah pengawasan instruktur atau guru, Gandi Putra dan sejumlah rekannya menyampaikan membutuhkan waktu sekitar dua minggu.

Dimana untuk bahan baku, sebagian besar memanfaatkan bahan praktek yang ada disekolah, serta bahan balundari luar sekolah yang sipatnya untuk kebutuhan khusus membuat prodak berupa robot pintar tersebut.

"Dari sisi lain, kita juga sedang mempersiapkan untuk mengikuti lomba untuk tingkat provinsi yang akan digelar dalam waktu dekat. Karena agenda seperti sudah sering diikuti oleh siswa SMKN I Bintan Utara dari waktu ke waktu," katanya.

Sebaliknya, untuk karya siswa-siswi SMKN I Bintan Utara, sebelumnya juga sudah bisa diaplikasikan langsung yang bisa mempermudah pekerjaan masyarakat, seperti alat untuk memanen madu Kelulut di salahsati daerah di Bintan.

Editor: Surya