Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempena 78 Tahun Indonesia Merdeka, Satu Tahun Usia J5NEWSROOM.COM Hadir untuk Indonesia!
Oleh : Saibansah
Sabtu | 19-08-2023 | 08:20 WIB
A-ULTAH-J5.jpg Honda-Batam
Tim redaksi dan bisnis Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM, kolaborasi para wartawan senior dan generasi Z. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

TAHUN lalu, 17 Agustus 2022, saudara muda BATAMTODAY.COM, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM lahir dan masuk pusaran orbit atmosfir blantika jagad dunia maya Indonesia. 'Bayi' yang dilahirkan untuk mencerdaskan dan mencerahkan anak bangsa itu, sejatinya hadir untuk Indonesia.

Bahkan, hari lahirnya pun dipilihkan pas 'tanggal dan bulan keramat', 17 Agustus 2023. Maka, bersempena dengan dirgahayu Republik Indonesia ke-77, sebuah angka kembar dan elok kami pilih sebagai hari lahir J5NEWSROOM.COM.

Pada editorial pertamanya, J5NEWSROOM.COM mengangkat adagium, 'Old Soldiers Never Die'. Seperti halnya dengan 'Journalisme Takkan Pernah Mati'. Sebab selama manusia masih menjadi makhluk sosial, maka selama itu pulalah, jurnalisme tidak akan mati. Karena manusia perlu informasi, perlu kabar berita dan tak bisa dipisahkan dengan kehidupan bersosialisasi.

Di sinilah wartawan memainkan peran penting melakukan tugas pokok dan fungsinya. Yiatu, mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan berita kepada masyarakat luas melalui media massa, baik media cetak, siber atau pun televisi dan radio.

'Bayi' mungil kelahirannya 'dibidani' oleh empat wartawan senior yang juga assesor kompetensi wartawan Indonesia lisensi Dewan Pers. Mereka itu adalah Dr. Agung Prabowo, M.Si, Dr. Susilastuti DN, M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si dan Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani, S.Ag itu kini sudah mulai belajar merangkak. Hari ini, usianya sudah satu tahun. Usia yang masih harus menatap jauh ke depan.

Kelahiran J5NEWSROOM.COM juga mendapat support dari mantan wartawan Majalah Tempo yang saat ini menjadi dosen di Universitas Riau (Unri) Pekanbaru, Dr. Muchid Albintani, MPhil. Dan, seorang ahli pers di Dewan Pers yang juga dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang, Drs. Zamzami A Karim, MA.

Gagasan dan ide para wartawan senior itu kemudian mengkristal dalam 32 kanal J5NEWSROOM.COM. Dan sebagai media yang mengangkat tagline 'Mencerdaskan dan Mencerahkan' itu kemudian operasionalnya dijalankan oleh para generasi Z, mereka yang lahir antara tahun 1997 hingga tahun 2000-an.

Managemen usaha J5NEWSROOM.COM dikendalikan oleh seorang sarjana IT alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Adil Abdul Hakim. Diback-up oleh Ababil Alif Maulana sebagai digital marketing, yang pernah mengenyam ilmu seputar web development di Lampung.

Di susunan redaksi ada Afifah Chairunnisa, S.M, sarjana ekonomi lulusan Universitas Islam Negeri Malang yang telah dua tahun menimba pengalaman di Majalah Warta Ekonomi Group Jakarta. Ada Nur Alfia Chumairo, S.I. Kom, sarjana komunikasi lulusan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. Dan, Alia Safira, wartawan kompeten jenjang muda yang pernah mengenyam pendidikan selama satu setengah tahun di Chemnitz, Jerman.

Selain mereka para generasi Z tersebut, J5NEWSROOM.COM juga terus dipantau oleh para wartawan senior. Yaitu, mereka yang duduk di jajaran dewan redaksi juga oleh seorang mantan wartawan Harian Republika dan Koran Tempo, H. Arif Firmansyah, SE yang duduk sebagai ombudsmen J5NEWSROOM.COM. Sebagai 'pengawas', Arif Firmansyah yang aktif traveling dan menulis buku itu, fokus memantau isi berita media yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak itu.

Kemudian, ada dua lagi wartawan senior yang juga berkomitmen ikut membesarkan J5NEWSROOM.COM. Yaitu, Dhorifi Zumar dan Dewi Cahyaningrum. Keduanya adalah kontributor J5NEWSROOM.COM yang dipisahkan jarak 11.159 kilometer. Dhorifi bermestautin di Jakarta sedangkan Dewi di Swiss.

Sebagai 'bayi' yang baru belajar merangkak, sudah ada beberapa catatan pencapaian yang direngkuhnya. Yaitu,

1. J5NEWSROOM.COM lulus Verifikasi Administrasi Dewan Pers, Kamis, 30 Maret 2023 bertepatan 9 Ramadhan 1444 Hijriah.
2. Di bulan Ramadhan 1444 Hijriah itu juga J5NEWSROOM.COM telah lulus semua persyaratan E-Katalog.

3. Pada 3 April 2023, J5NEWSROOM.COM menjalin kerjasama dengan PR Newswire, sebuah peruhasaan global yang bergerak dalam bidang commercial press release & corporate news distributor.
4. Pada 22 April 2023 J5NEWSROOM.COM dan voaindonesia.com telah resmi menjadi mitra dalam pemberitaan.

5. Pada hari Jumat, 21 April 2021, tepat pada peringatan Hari Kartini, pukul 11.08 WIB berita J5NEWSROOM.COM tentang liputan Ramadhan di Masjid Sultan Singapura terbit di laman Facebook Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Jakarta.

6. Pada hari Jumat, 5 Mei 2023, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM telah dinyatakan lulus verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Sama seperti hari lahirnya, 17 Agustus 2022. Hari dan tanggal kelulusan J5NEWSROOM.COM verifikasi faktual juga sama, di hari keramat. Jumat, 5 bulan 5 tahun 2023 yang bila dijumlahkan 2+3=5. Semuanya ada yang mengatur, J5 lulus verifikasi faktual di tanggal dan bulan yang semuanya angka 5. Alhamdulillah.

7. Untuk merealisasikan tagline-nya 'Mencerdaskan dan Mencerahkan', Sabtu 29 Juli 2023, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM menjalin kerjasama dengan STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Internasional Muhammadiyah Batam. Semoga ini menjadi langkah awal J5NEWSROOM.COM untuk bersama-sama stakeholder lain, menghidupkan kembali gairah jurnalisme pers kampus di Batam dan Provinsi Kepri.

8. Pencapaian terakhir, pada Kamis 10 Agustus 2023 lalu, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM menjadi saksi sejarah saat sang Merah Putih dikerek paling tinggi diiringi dengan lagu Indonesia Raya di Ajang 2023 IFSC Climbing World Championships, Bern Swiss.

Sebagai ungkapan rasa syukur yang tiada terhingga kepada Allah SWT, Tuhan YME atas semua anugerah yang dilimpahkan kepada Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM, tiada lain yang dapat kami lakukan, kecuali mengucapkan alhamdulillah dan alhamdulillah.

Semoga semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM ini akan terus tercurah di tahun-tahun mendatang. Sehingga, kami dapat menggapai misi dan visi kehadiran J5NEWSROOM.COM di blantika atmosfir jagad raya pers Indonesia ini, yaitu untuk 'Mencerdaskan dan Mencerahkan'.

Karena, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM hadir untuk Indonesia!

Selamat ulang tahun ke-1 Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM.

Dirgahayu negeriku Indonesia ke-78.

Semoga Indonesia tetap jaya selamanya!