Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigrasi Karimun Beri Layanan Paspor Merdeka
Oleh : Freddy
Sabtu | 05-08-2023 | 18:41 WIB
Paspor-Merdeka1.jpg Honda-Batam
Pelayanan Paspor Merdeka di Kantor Imigrasi Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun melaksanakan kegiatan layanan pembuatan Paspor Merdeka pada Sabtu (5/8/2023).

Sophian Kasim Sani, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian mengatakan pembuatan Paspor Merdeka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khusus di hari libur akhir pekan.

Dia menjelaskan pelayanan Paspor Merdeka digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kementerian Hukum dan HAM yang diperingati setiap 19 Agustus dan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Sophian menyampaikan bahwa antusias masyarakat di Kabupaten Karimun terhadap layanan pembuatan paspor merdeka di kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun ini sangat luar biasa dan ini dapat dilihat dari penuhnya kuota yang disediakan pihaknya sebanyak dari 50 kuota

"Petugas sangat senang dengan antusiasnya masyarakat terhadap pelayanan pembuatan Paspor Merdeka dan sesuai motto kami melayani dengan sepenuh hati," ujar Sophian.

Menurutnya, selain melaksanakan pembuatan paspor, petugas Imigrasi juga melakukan sosialisasi bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan cara membagikan brosur dan interaksi langsung dengan pemohon paspor.

"Masyarakat diminta untuk lebih waspada jika diberikan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan gaji yang besar, tidak memerlukan ijazah atau sertifikat, tidak memerlukan kemampuan bahasa asing atau keterampilan lainnya," pungkasnya.

Menurut Sophian, Hal itu bisa saja TPPO seperti bekerja sebagai admin judi online, terapis, pemandu lagu, bahkan jual beli organ tubuh manusia dan tentunya pemilik paspor harus berhati-hati dan merupakan tanggungjawab masing-masing.

Sementara, Yogi Julianto, salah seorang pemohon paspor merasa sangat senang dengan adanya Layanan Paspor Merdeka karena dilaksanakan pada hari Sabtu, tidak perlu izin meninggalkan pekerjaan.

"Kantor Imigrasi sudah berubah lebih baik dengan fasilitas yang nyaman, disediakan makanan serta minuman ringan gratis dan petugas yang ramah," ujarnya.

Editor: Yudha