Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam Ingatkan Warga Akan Bahaya PMK Hewan Ternak
Oleh : Freddy
Selasa | 01-08-2023 | 18:49 WIB
Bhabinkamtibmas-Tarigan1.jpg Honda-Batam
Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral, Aipda Samson Tarigan imbau masyarakat waspada PMK pada hewan ternak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral, Aipda Samson Tarigan rutin menyambangi masyarakat dan mengingatkan bahaya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Aipda Samson Tarigan mengingatkan warga binaannya yang memiliki hewan ternak agar mewaspadai penularan PMK. Apabila ditemukan ciri-ciri klinis hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan," ujarnya, Selasa (1/8/2023).

Sementara, Kapolsek Meral AKP Kumala Enggar Anjarani menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas merupakan suatu langkah antisipasi dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan.

"Berikan edukasi kepada peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, dan segera koordinasi dengan instansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya," pungkasnya.

Editor: Yudha