Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Senjata Dirampas Saat Perompakan Tugboat HM Leo I

Dua Anggota Brimob Diperiksa Propam Mabes Polri
Oleh : ali/dd
Kamis | 06-09-2012 | 14:47 WIB
brimob_steyr.jpg Honda-Batam
Inilah jenis senjata Steyr AUG yang dirampas perompak.

BATAM, batamtoday - Dua anggota Brimob, masing-masing Montri dan Hermanto yang mengawal perjalanan Tugboat HM Leo I dan mengalami perompakan di Selat Riau akhirnya diperiksa tim Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri, Kamis (6/9/2012).


Kedua anggota Markas Komando Brimob Mabes Polri yang berkedudukan di Kelapa Dua, Depok ini diperiksa secara terpisah di Markas Direktorat Polisi Perairan Polda Kepri. Ikut diperiksa juga sejumlah anak buah kapal (ABK) Tugboat HM Leo I.

Sumber terpercaya di Polda Kepri menyebutkan tim dari Divisi Propam Mabes Polri ini sudah hadir di Batam sejak Rabu (5/9/2012) kemarin.

"Materi pemeriksaan seputar hilangnya senjata Steyr Aug dan satu magezen milik Montri yang dirampas oleh para perompak," kata sumber batamtoday.

Sementara, Hermanto yang senjatanya tidak dirampas juga dimintai keterangan oleh tim Divisi Propam Mabes Polri seputar kejadian perompakan tersebut.

Ditilik dari senjata yang dipakai, dua anggota Brimob ini diyakini merupakan anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri. Laman Vivanews menyebutkan, Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri selain menggunakan senjata jenis M4, juga melengkapi anggotanya dengan senjata Steyr AUG. 

Steyr AUG adalah rangkaian senapan yang diproduksi oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher pada tahun 1977 oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher. AUG adalah singkatan dari Armee Universal Gewehr, yang berarti “Senapan Tentara Universal”. 

AUG adalah salah satu senapan pertama yang menggunalan desain bullpup. Senjata densus 88 jenis ini 25% lebih pendek dari senapan lain yang panjang larasnya sama, tanpa minim dalam hal performa dan akurasi. Beberapa jenis AUG dilengkapi dengan bidikan teleskopik 1.5x yang terintegrasi. AUG dianggap memiliki desain ergonomis yang modern. Fitur lain misalnya kemampuan dipakai oleh penembak tangan kanan maupun kidal, dan pengunaan bahan-bahan plastik transparan.