Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ngopi Bareng Wartawan, Kalapas Narkotika Tanjungpinang Bantah Ada WBP Positif Narkoba
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 25-07-2023 | 08:04 WIB
0000_kalapas-tpi_0001.jpg Honda-Batam
Kalapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Eddi Mulyono S.Sos menggelar Coffee Morning denga beberapa awak media. (Foto: Devi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM , Bintan- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Eddi Mulyono S.Sos menggelar Coffee Morning dengan wartawan, Senin (24/7/2023) di Lapas Narkotika Kelas II A Kota Tanjungpinang.

Dalam pertemuan itu, Eddi membantah kabar mengenai temuan 8 orang WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang positif mengkonsumsi narkoba. Kalapas itu mengakui bahwa memang benar di Lapas Narkotika Kelas II A rutin setiap bulannya dilakukan pengecekan blok WBP, cek kesehatan dan cek urine.

"Benar beberapa waktu lalu kita ada melakukan cek urine, tetapi tidak benar apa yang diberitkaan oleh media tersebut, mulai dari tanggal pengecekannya saja sudah salah. Pada saat itu kita melakukan pengeceka pada 15 orang WBP dan kebetulan 2 diantaranya sedang mengalami sakit sejenis ISPA, jadi saat melakukan cek urine 2 orag tersebut hasilnya bukan positif narkoba, melainkan positif menggunakan obat dokter," jelasnya.

Ditambahkannya, dalam setiap razia rutin pada blok kamar seluruh WBP selama ini, pihaknya tidak menemukan hal-hal negatif yang dapat menggangu ketertiban dan keamanan bagi Lapas maupun bagi warga binaan disini.

Dalam hal ini pengecekan secara rutin melakukan kegiatan penggeledahan setiap blok kamar yang berisi ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bentuk komitmen deteksi dari perbuatan-perbuatan terlarang, sekaligus menciptakan situasi kondusif.

"Bahwa berita dimaksud sama sekali tidak benar. Saya tidak tau dari mana sumber berita media tersebut. Tiba-tiba muncul pemberitaan itu, jelan kami dirugikan," ungkap Kalapas.

Kalapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang ini juga menyatakan siap melakukan keterbukaan pada para awak media yang ingin melakukan konfirmasi terkait pemberitaan tentang Lapas.

"Silahkan hubungi kami jika ada hal yang perlu ditanyakan oleh awak media tentang Lapas ini. Kami siap memberikan penjelasan sebagaimana layaknya," tambah Eddi Mulyono.

Editor: Dardani