Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

250 Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII - 2023 Satdik 1 Kodiklatal Tanjunguban Dilantik
Oleh : Harjo
Kamis | 20-07-2023 | 13:12 WIB
Dikma-Dimata.jpg Honda-Batam
Pelantikan 250 siswa Dikmaba dan Dimata Angkatan XLIII-2023 di Lapangan Mako Satdik I TNI AL Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (20/7/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 250 siswa, yang terdiri dari 100 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan 150 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLIII - 2023 Satdik-1 Kodiklatal Tanjunguban, secara resmi dilantik di Lapangan Mako Satdik I TNI AL Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (20/7/2023).

Inspektur upacara Komandan Kodikalatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, menyampaikan atas nama pimpinan TNI AL dan selaku Komandan Kodiklatal, mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL, dengan pangkat sersan dua dan kelasi dua.

"Semoga pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan mampu meningkatkan jiwa keprajuritan sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap di kembangkan, dalam pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan sesuai kejuruhan masing masing," harapnya.

Sebaliknya dalam upacara para siswa juga mengucapkan sumpah prajurit yang berarti telah berjanji kepada Tuhan YME, Allah SWT untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang orajurit TNI AL dengan penuh tanggung jawab, tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan.

Keberhasilan menyelesaikan pendidikan tahap dasar keprajuritan dan tahap dasar golongan ini tidak boleh membuat larut oleh kebanggan menjadi prajurit TNI AL. "Meskipun sudah menyandang pangkat, karena status masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan dengan sebaik-baiknya, namun yang perlu diperhatikan adalah jaga pola sikap dan pola tindak kalian agar tidak melakukan pelanggaran, yang menyebabkan turunnya sanksi. Karena tidak cakap melanjutkan pendidikan disebabkan faktor moral, kepribadian dan kesamaptaan jasmani yang kurang, sehingga wajib tetap disiplin dan mentaati peraturan yang berlaku," pesan Letjen TNI (Mar) Suhartono.

Diakatakannya, dalam pendidikan dasar golongan nanti para siswa akan dibekali pengetahuan dan ketrampilan profesi matra laut, sesuai kejuruhan masing-masing agar mampu mengikuti dengan lancar, perlu dipahami dan dipedomani, di antaranya, pertahankan dan tingkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan YME, Allah SWT sebagai landasan moral dalam melaksanakan setiap kegiatan pendidikan.

Selanjutnya, mengikuti setiap mata pelajaran dan latihan praktek dasar golongan lanjutan, dengan ilmu sebanyak banyaknya untuk menjadi bekal utama dalam pelaksanaan tugas setelah menyelesaikan pendidikan. "Pertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental yang sudah baik, pelihara jiwa korsa di antara para siswa untuk mendukung keberhasilan tugas selama pendidikan. Terus asah kemampuan, agar berhasil lulus dengan nilai optimal serta menyongsong tugas-tugas sebagai prajurit jalasena yang tangguh. Serta, tetap disiplin mematuhi setiap aturan dan tata tertib pendidikan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi," katanya.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Satdik-1 Kodiklatal dan jajaranya, atas segala usaha dan kerja kerasnya sehingga pendidikan tahap dasar keprajuritan dan dasar golongan, dapat berjalan sesuai rencana," imbuhnya.

Selanjutnya, untuk melaksanakan program pendidikan tahap dasar golongan lanjutan, dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, utamakan keamanan personil maupun material selama proses pendidikan guna mewujudkan Zero Accident.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangkogabwilhan I Tanjungpinang diwakili Ir Pangkogabwilhan, Laksma TNI Zebua; Pangkoarmada I diwakili Kapok Sahli, Laksamana Pertama Dery Trisnanto Suhendi; Danrem 033/Wirapratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto; Dankolat Koarmada I diwakili Pasminlog Kolat Koarmada I, Letkol Laut (T) Kurniawan; Kapolda Kepulauan Riau diwakili Karo SDM Polda Kepri, Kombes Pol Deni S Utomo, serta sejumlah tamu undangan dari instansi yang di Provinsi Kepri dan lainnya.

Editor: Gokli