Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kedutaan Besar Vietnam Kunjungi Camp Pengungsi di Pulau Kuku
Oleh : emmi/dd
Selasa | 04-09-2012 | 17:10 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Dua staf dari Kedutaan Besar Vietnam, (The Ambasador Socialist Republik of The Viet Nam-red.), Le Du Manh dan Nguyen Xvan Thuy mengunjungi pemakaman pengungsi camp Vietnam di Pulau Kuku dan Air Raya Kecamatan Jemaja. 


"Dua orang dari Kedutaan Vietnam datang ke Anambas untuk melihat kebenaran pemakaman para pengungsi di Pulau Kuku dan Air Raya," kata Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata Anambas, Sofian kepada batamtoday, Selasa(4/9/2012)di ruangan kerjanya.

Sofian juga menambahkan, makam Vietnam di Pulau Kuku dan Air Raya tercatat sekitar 2.000 kuburan pengungsi Vietnam saat terjadi peperangan. Kebanyakan pengungsi masuk melalui Kuku dan Air Raya selanjutnya sebagian ke Barelang, Batam.

"Pemakaman di Pulau Kuku dan Air Raya ada sekitar 2000 -an mereka hanya memastikan kebenaran karena selama ini hanya mendapat kabar dari sanak keluarga pengungsi yang datang ziarah ke lokasi tersebut, selanjutnya mereka akan melaporkan keadaan tersebut ke atasannya," kata Sofian.

Selain melihat pemakaman pengungsi, Kedutaan Vietnam juga ingin melihat potensi yang ada di Anambas dan mereka tertarik untuk berinvestasi di bidang perikanan dan kelautan.

"Mereka juga mengunjungi pabrik es di Antang dan pelabuhannya dan mereka berminat untuk berinvestasi di Anambas," katanya.

Menaggapi hal itu kata Sofian, Pemerintah Kabupaten kepaulauan Anambas sangat merespon positif akan maksud dan tujuan dari kedutaan tersebut dan saat itu didampingi oleh Ketua DPRD Anambas, Amat Yani, Wakil Ketua II DPRD Anambas, Adnan Nala dan Kepala Dinas Pariwisata, Radja Ishak.