Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Browser Paling Banyak Digunakan Pada 2023
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-06-2023 | 19:37 WIB
ilustrasi-google-chrome21.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ada sekitar lima pemain besar dalam pasar peramban atau browser yang ada di dunia. Di antara kelimanya, manakah penguasa pasar sesungguhnya? Penggunaan peramban nyaris tidak bisa dihindari saat mengakses internet.

Lima browser yang umum digunakan antara lain Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, Mozzilla Firefox, dan Opera. Di luar itu, masih ada browser lain seperti Yandex, atau browser yang tersedia di toko aplikasi seperti App Store atau Play Store.

Dikutip dari Statista, Chrome sudah menguasai pangsa pasar browser selama satu dekade terakhir (Mei 2012-Mei 2023) dengan persentase 63 persen. Selanjutnya, ada Safari dari Apple yang menempati peringkat kedua dengan 21 persen.

Di luar kedua browser itu, ada beberapa browser lain yang pangsa pasarnya tak sampai lima persen.

Di sisi lain, Statencounter melaporkan Google Chrome ternyata jauh mengungguli para pesaingnya dalam satu tahun terakhir (Mei 2022- Mei 2023). Chrome paling tidak menguasai 60 persen pangsa pasar (market share) browser di semua platform.

Pangsa pasar browser keluaran Google itu tak pernah menyentuh angka di bawah 60 persen. Tertinggi, angka market share Google Chrome berada di Juni 2022 dengan 65,87 persen.

Terpaut di bawahnya justru ada Safari, yang merupakan browser keluaran Apple untuk sistem iOS dan MacOS. Meski berada di urutan kedua, angka pangsa pasar Safari kalah jauh dibanding Google Chrome yakni di angka 19-20 persen.

Yang mengejutkan, Microsoft Edge justru duduk di peringkat ketiga. Padahal, Edge merupakan versi terbaru dari Internet Explorer yang sebelumnya sudah ditinggalkan pengguna.

Setelah Edge, berturut-turut ada Firefox, Samsung Internet, Opera, UC Browser, dan browser Android lainnya. Presentase browser-browser tersebut sayangnya selalu berada di bawah 14 persen selama satu tahun terakhir.

Di browser versi desktop atau komputer, Chrome kembali menempati urutan puncak (61-66 persen pangsa pasar). Bedanya, di urutan kedua, posisi Safari sempat diambil alih oleh Microsoft Edge.

Safari turun ke urutan ketiga sebelum naik kembali ke urutan kedua pada April 2023. Browser garapan Apple itu memeroleh pangsa pasar berkisar antara 9,14-12,85 persen.

Sisanya, untuk versi mobile atau ponsel, Firefox berada di urutan keempat, disusul Opera di urutan kelima.

Pada versi mobile atau ponsel, Chrome lagi-lagi ada di posisi puncak dengan gap yang cukup jauh dari Safari di posisi kedua. Di sektor mobile ada lebih banyak 'pemain' di pangsa pasar browser selain nama-nama besar.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha