Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Optimalkan Peran Satkamling Pelihara Kamtimbas Secara Swakarsa
Oleh : Freddy
Rabu | 21-06-2023 | 17:24 WIB
apel-satkamling1.jpg Honda-Batam
Apel Satkamling di Mapolres Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tahun 2023 yang dipimpin Wakapolres Karimun Kompol Petra C. K. Tumengkol, Rabu (21/6/2023).

Dalam amanatnya Wakapolres menyampaikan pelaksanaan apel ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalkan peran Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Wakapolres menjelaskan Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan dan desa. Dimana saat ini Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu 2024.

"Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat," terangnya.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Semoga senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas serta tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisial," ujarnya.

Usai upacara, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Satkamling yakni Juara 1 diraih Poskamling Perumahan Meral Permata Asri. Juara 2 dimenangkan Poskamling Lingkarya RT 002 RW.002 Kelurahan Buru dan juara 3 diraih Poskamling Dusun IV Parit Tegak RT 001 RW 001 Kelurahan Sei ungar, Kecamatan Kundur.

Editor: Yudha