Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tolak Ukur Logistik Pemilu

KPU Batam Tetapkan DPT Pemilu 2024 Sebanyak 851.614 Pemilih
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 20-06-2023 | 20:00 WIB
Pleno-KPU1.jpg Honda-Batam
Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT Kota Batam pada pemilu 2024. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengumumkan hasil rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Batam, Matius mengatakan sesuai dengan tahapan penetapan DPT ini digelar 20-21 Juni 2023. Data pemilih yang terdaftar di DPT, dan bisa memilih pada Pemilu 2024 mendatang sebanyak 851.614 pemilih.

"Jumlah DPT menjadi tolak ukur dalam menetapkan logistik pemilu 2024 mendatang," kata Martius, usai pleno DPT di Haris Hotel, Selasa (20/6/2023).

Dijelaskan Martius, Pleno ini melalui jalan yang cukup panjang. Mulai dari tahapan DP4, DPS, hingga sekarang ditetapkan DPT. Matius menambahkan ini adalah data akhir dari Pemilu, walaupun berikutnya ada DPT tambahan, namun menurutnya angka tersebut tidak akan mengalir perubahan yang siginifikan.

"DPT sudah diplenokan, dan selanjutnya kami akan siapkan berita acara, dan segera mengirimkan hasil pleno kepada partai politik, dan penyelenggara Pemilu yang akan dimulai Februari 2024 mendatang," jelasnya.

Matius melanjutkan, DPT-b ini nanti akan mencatat pemilih baru yang masuk ke Batam jelang Pemilu atau usai DPT ditetapkan. Dari data DPT yang baru saja ditetapkan, Kecamatan Sagulung menjadi kecamatan terpadat untuk jumlah pemilihnya.

"Sagulung yang terpadat dengan jumlah 568 TPS, dan 144.451 pemilih," ucapannya.

Disinggung terkait adanya calon pemilih yang baru, Martius menyebutkan, sejumlah pemilih akan berusia 17 tahun dalam waktu dekat ini, dan itu tetap bisa memilih, dan datang ke TPS saat pemilihan berlangsung.

Calon pemilih tersebut bisa langsung datang, dan membawa KTP sebagai bukti untuk memilih. Sementara jika, ada migrasi penduduk yang akan masuk ke Batam karena urusan pekerjaan atau lainnya akan masuk pada pada DPT-b nantinya.

Sebelumnya, tahap pemilu sudah dimulai dengan terbitnya DP4 Desember 2022 lalu. Sebanyak 850.334 pemilih dicek melalui coklik yang melibatkan 3.220 petugas.

"Sehingga proses dapat dilanjutkan ke tahap pleno DPS, untuk Kota Batam terdapat 852.727 DPS, dan dilakukan publikasi untuk diminta tanggapan oleh masyarakat," paparnya.

Setelah itu, pleno DPS diterapkan 851.256 pemilih. Tahapan juga sudah lakukan dengan koordinasi dengan Bawaslu, Partai Politik, PPK, hingga Disdukcapil. Sehingga hari ini ditetapkan DPT yang akan digunakan untuk pemilu Februari 2024 mendatang.

Martius menambahkan, pleno ini bertujuan dasar untuk melindungi hak pemilih, dengan data pemilih yang berkualitas, dan pemilu bisa digelar dengan aman.

"Ini sudah tahap final untuk data pemilih. Kami berharap Pemilu bisa berjalan dengan baik nantinya," pungkas pria yang akan mengakhiri masa jabatan 26 Juni mendatang.

Editor: Yudha