Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diverifikasi Kementerian, Pemko Tanjungpinang Fokus Raih Predikat KLA Nindya
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 08-06-2023 | 18:44 WIB
KLA1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pemko Tanjungpinang mengikuti verifikasi predikat Kota Layak Anak (KLA) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan verifikasi lapangan hybrid evaluasi Kota Layak Anak (KLA) yang dihelat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Kamis (8/6/2023) di Kantor Wali Kota Tanjungpinang.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut, dihadiri oleh Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma dan diikuti langsung oleh Asdep Perumusan Kebijakan Pemenuhan Hak Anak, Fatahillah, yang berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai verifikator KLA.

Pada kesempatan itu Fatahillah mengapresiasi Wali Kota Tanjungpinang beserta jajaran yang sudah bersedia diverifikasi KLA pada hari ini.

Menurutnya, verifikasi yang dilakukan ini, merupakan program prioritas kementerian, agar suatu daerah bisa meraih predikat KLA dengan kategori yang maksimal.

"Sampai saat ini sudah 20 kabupaten/kota termasuk Tanjungpinang yang kami verifikasi," terangnya.

Ia menyebut, sedikitnya ada puluhan indikator yang harus dipenuhi setiap daerah, agar bisa meraih predikat KLA. Di antaranya, perlindungan kekerasan terhadap anak, fasilitas tempat bermain anak, populasi akte kelahiran, kesejahteraan terhadap anak, penanganan stunting dan lain sebagainya.

"Saya yakin sudah banyak yang dilakukan Pemko Tanjungpinang. KLA akan berhasil jika pemangku kepentingan bersinergi baik eksekutif legislatif dan seluruh elemen masyarakat Tanjungpinang," tuturnya.

Sementara itu, Rahma mengapresiasi atas diberikan kesempatan Pemko Tanjungpinang untuk mengikuti KLA ini. Sebagaimana diketahui Kota Tanjungpinang telah meraih predikat KLA kategori Madya selama 4 tahun berturut-turut.

"Nah untuk tahun ini kami akan fokus naik tingkat menjadi KLA Nindya," terangnya.

Hal itu terbukti, bahwasanya Pemko Tanjungpinang sudah menyiapkan segala sesuatu indikator-indikator yang menjadi persyaratan oleh kementerian.

Menurutnya, dengan verifikasi yang akan meningkatkan status Tanjungpinang sebagai KLA Nindya secara otomatis menambah beberapa indikator.

"Harus memenuhi indikator KLA yang terbagi menjadi 5 kluster. Yaitu, kluster 1 hak sipil kebebasan, kluster 2 lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster 4 pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, dan kluster 5 perlindungan khusus," terangnya.

Pihaknya, kata dia, akan berkomitmen dalam perwujudan KLA. Maka dari itu indikator-indikator penilaian itu akan menjadi penentu agar Tanjungpinang dapat naik tingkat dari Madya menjadi Nindya.

Diakhir, Rahma menyampaikan harapannya untuk mewujudkan Kota Layak Anak kategori Nindya dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Tanjungpinang.

Menurutnya, hal ini bukan semata-mata untuk merebut penghargaan, melainkan melakukan yang terbaik bagi masyarakat Tanjungpinang.

"Perlindungan anak, fasilitas anak dan semua yang berkaitan dengan anak untuk menjadikan anak-anak Tanjungpinang yang berakhlak, berprestasi dan berdaya saing, selain predikat tentunya fasilitas yang disediakan pemko ini memilik dampak positif bagi warga Tanjungpinang," tukasnya.

Editor: Yudha