Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amsakar Minta Pelaku Usaha Datangkan Sapi Kurban Sesuai Regulasi
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 05-06-2023 | 18:13 WIB
Amsakar12.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meminta kepada semua pelaku usaha yang akan mendatangkan sapi untuk kebutuhan kurban melalui regulasi yang sudah ditetapkan.

"Karena sekarang perizinan, rekomendasi dan lainnya sudah dipermudah. Jadi, jangan sampai ada yang menantang aturan lagi," tegas Amsakar Achmad, Senin (5/6/2023).

Amsakar juga turut menyoroti masuknya 10 ekor sapi tanpa dokumen ke Kota Batam. Usai kejadian masuknya sapi ilegal ini, kepada pengusaha diharapkan dapat membantu dengan mengikuti regulasi yang telah ada.

Menurutnya, masuknya sapi ilegal atau non prosedural ini harus menjadi atensi bersama. Hal ini karena berdampak terhadap keselamatan, dan keamanan konsumsi warga Batam.

"Kemarin saya sudah sampaikan kepada Pak Mardanis (Kepala DKPP Batam) agar mengambil langkah-langkah sesuai dengan ketentuan dalam peraturan menteri. Memang kebijakan persyaratan untuk memasukkan hewan sapi dari daerah satu ke daerah lain itu sudah ada regulasinya," ungkapnya.

Ia berharap, untuk persiapan lebaran kurban berjalan dengan baik dan lancar. Kebutuhan hewan kurban juga terus di pasok. Pelaku usaha juga sudah mencukupi kebutuhan dengan mendatangkan sapi dari berbagai daerah di zona hijau ke Batam.

"Laporan dari Pak Mardanis, semua aman. Untuk sapi ilegal juga sudah dilakukan tindakan. Karena ini menyangkut keamanan pangan, saya harapkan tidak terjadi lagi," harapnya.

Amsakar menyebutkan, langkah-langkah pencegahan juga sudah dilaksanakan. Salah satunya dengan memperketat pintu masuk hewan. Selain itu, koordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi lainnya juga dilaksanakan.

Untuk sementara ini pasokan, dan stok hewan kurban cukup di Batam. Pengusaha juga mengantisipasi kekurangan dengan menambah pasokan sapi atau kambing ke Batam.

Beberapa tempat penjualan sapi dilaporkan juga sudah mulai mengalami lonjakan pemesanan. Ia berharap hewan pelaksanaan ibadah kurban tahun ini bisa berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Mengenai titik pelaksanaan ibadah salat ied, Amsakar menambahkan kurang lebih sama dengan idulfitri. Kemenag juga sudah pasti memastikan lokasi salat ini.

"Insha Allah akan berjalan baik dan juga lancar. barangkali yang perlu dipertimbangkan soal kondisi cuaca saja," tutup Amsakar Achmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam, Mardanis mengatakan kondisi jumlah hewan kurban saat ini cukup untuk memenuhi permintaan hewan kurban.

Disebutkannya, saat ini hewan yang masuk sudah menjalani pemeriksaan kesehatan ketika tiba di Batam. Selanjutnya, hewan kurban ini akan kembali menjalani pemeriksaan oleh tim kesehatan hewan DKPP Batam.

"Biasanya kami turun pengecekan dua pekan sebelum pemotongan hewan berlangsung. Kami berharap hewan sehat, dan tidak ada yang terindikasi PMK nantinya," tutupnya.

Editor: Yudha