Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Stroke dengan Makan Coklat
Oleh : dd/inl
Sabtu | 01-09-2012 | 11:08 WIB

BATAM, batamtoday - Tak hanya rasanya yang enak dan selalu membuat ketagihan, sebatang coklat sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, khususnya mengurangi risiko terkena stroke.


Penelitian yang dilakukan menemukan, efek perlindungan itu diperoleh karena zatantioksidan yang disebut flavonoid yang ada dalam coklat.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, pria yang mengkonsumsi jumlah sedang coklat setiap minggu sangat rendah terserang stroke selama 10 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Peserta penelitian yang mengaku makan coklat paling sering mengurangi risiko stroke 17%. Sebanyak 37.103 pria Swedia yang berusia 49-75 mengambil bagian dalam studi ini.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa cokelat dapat membantu mencegah diabetes, mengontrol tekanan darah, dan melindungi terhadap penyakit jantung. Bahan kimia antioksidan yang disebut flavonoid menjelaskan manfaat kesehatan.

Dr Susanna Larsson, dari Karolinska Institute di Stockholm, yang memimpin penelitian dan dilaporkan dalam jurnal Neurology, mengatakan, "Efek menguntungkan dari menkonsumsi coklat terkait stroke mungkin terkait dengan flavonoid dalam cokelat."

"Flavonoid tampaknya memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular anti-pembekuan dan anti-inflamasi. Ada juga kemungkinan bahwa flavonoid dalam cokelat dapat mengurangi konsentrasi darah kolesterol jahat dan mengurangi tekanan darah. Menariknya, chocolate hitam yang sebelumnya dianggap paling memiliki manfaat kesehatan jantung, namun sekitar 90% dari asupan coklat di Swedia, ditemukan dari cokelat susu," sambungnya.