Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Tanjungpinang Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023
Oleh : Redaksi
Jumat | 02-06-2023 | 16:36 WIB
IMG-20230602-WA0007.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Provinsi Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu hadir dalam kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023 di Halaman Kantor Gubernur Kepri Kota Tanjungpinang, Kamis (1/6/2023) Pukul 07.30 Wib.

"Saya mewakili pak Kapolda Kepri hadir dalam kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Upacara Hari Lahir Pancasila ini merupakan momentum untuk terus mereaktualisasi nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara, perekat kebhinekaan, serta payung bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Kapolresta.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah, Pangkoarmada I diwakili Kaskoarmada I Laksamana Pertama Sawa, Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara, Kapolda Kepri diwakili Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu, Danrem 033/WP diwakili Kasrem Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, Ketua Pengadilan Tinggi Kepri diwakili Wakil Ketua Dr. Budi Santoso, Kabinda Kepri diwakili Korwil II Slamet Supriyanto S.S, Danlanud RHF Tanjungpinang diwakili Kapekas Lanud RHF Mayor Adm Heka Ellyson, Staff Ahli, Asisten, Kepala OPD Provinsi Kepri, Ketua MUI Provinsi Kepri Dr. KH. Bambang Maryono, Kepala Sekolah, SMAN, SMKN, SLB se-Kota Tanjungpinang, Seluruh Pejabat Administrator di lingkungan Pemprov Kepri.

Kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023 yang dipimpin oleh Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad sebagai Inspektur Upacara.

Ada suasana yang berbeda saat upacara berlangsung. Mulai gubernur, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga peserta upacara menggunakan pakaian baju kurung melayu.

Gubernur Kepri terlihat mengenakan baju berwarna putih, lengkap dengan songket dan tanjak berwarna kuning emas. Sementara peserta upacara, mengenakan berbagai warna baju kurung melayu.

"Pakaian yang digunakan saat momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebagai bentuk menjaga kearifan local, akar budaya itu kan juga bagian dari nilai luhur Pancasila sendiri. Maka kita pakai baju ini," sebut Gubernur Ansar.

Selanjutnya, Gubernur Kepri juga membacakan amanat dari Presiden RI, Joko Widodo. Dalam amanatnya, Presiden RI menyampaikan bahwa pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang penuntun (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," kata Ansar.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini pun dimaknai dengan meminta ahli-ahli Pancasila untuk mendorong dan membangun narasi-narasi yang sesuai bagi generasi.

"Agar nilai-nilai Pancasila itu mentransformasikan lebih mudah. Apalagi saat ini generasi muda kita syarat dengan kemajuan teknologi. Tentunya harapan dapat bisa dipahami dan dimaknai bagi penerus bangsa ini," ucap Ansar.

Editor: Yudha