Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Upacara Hari Lahir Pancasila, Kapolres Bintan: Gelorakan Terus Semangat Pancasila
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-06-2023 | 18:00 WIB
IMG-20230601-WA0007.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo jadi Inspektur Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan melaksanakan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Bintan, Kamis (1/6/2023).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo sebagai Inspektur upacara yang diikuti pejabat utama Polres Bintan, para kapolsek jajaran dan seluruh anggota Polres Bintan.

Dalam amanatnya, Kapolres Bintan membacakan amanat Presiden Republik Indonesia yang antara lain berisikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideolagi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai 'Bintang Penuntun' (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur," ujar Kapolres Bintan.

Di samping itu Riky mengajak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karekter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Marauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote, Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradban ke depan, Semoga Indonesia menjadi bangsa yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya Pancasila," ajak Riky.

Setelah melaksanakan Upacara di lapangan apel Polres Bintan, Kapolres Bintan beserta Pejabat Utama dan Kapolsek mengikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual bertempat di ruang Vicon Polres Bintan yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Editor: Yudha