Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

44 Unit RTLH Dapat Bantuan Swadaya Rp 22,5 Juta per Rumah
Oleh : Harjo
Rabu | 24-05-2023 | 08:52 WIB
roby_rtlh.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan bantuan swadaya ke penerima RTLH (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan-Sebanyak 44 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mendapatkan bantuan tahun 2023. Bantuan swadaya tersebut tersebar, di dibeberapa kecamatan, diantaranya Bintan Utara 25 unit, Kecamatan Bintan Timur 8 unit, Kecamatan Bintan Pesisir 10 unit dan Kecamatan Mantang 1 unit.

Secara keseluruhan total anggaran anggaran sebesar Rp 990 Juta, atau setiap unit RTLH mendapatkan bantuan sebesar Rp 22,5 Juta. Sebelum pelaksanaan program bantuan swadaya, dilakukan sosialisasi terkait mekanisme penyaluran dan penggunaan anggaran.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, menegaskan dalam pelaksanaan program diharapkan bisa berjalan sesuai harapan, serta sesuai dengan mekanisme yang ada.

"RTLH dijalankan dan pelaksanaannya harus awasi bersama. Sosialisasi penting agar semua paham, bagaimana mekanisme penyaluran serta pelaksanannya," tegas Roby saat membuka Sosialisasi BS RTLH, di Gedung Nasional Tanjunguban, Selasa (23/5/2023).

Selain itu, Roby menyampaikan untuk kedepan, dirinya akan mengupayakan kenaikan anggaran untuk program BS RTLH, agar lebih banyak lagi unit rumah yang mendapatkan bantuan.

Hingga akhirnya tidak ada lagi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bintan.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Pemukinan Bintan M. Irzan, menyatakan pihaknya akan terus melakukan pendataan. Sesuai dengan laporan yang diterima untuk sasaran RTLH selanjutnya.

"Semua elemen bisa sama-sama membantu program yang positif ini, agar bisa mencapai target dan tepat sasaran," harapnya.

Editor: Surya