Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Parade Obor Demokrasi Indonesia 2024
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 20-05-2023 | 11:20 WIB
pawai-obor-demokrasi-TPI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelepasan Pawai Obor Demokrasi Indonesia 2024 Bawaslu Kota Tanjungpinang, Sabtu (20/5/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang menggelar Parade Obor Demokrasi Indonesia 2024 di seputaran Tepi Laut Tanjungpinang, Sabtu (20/05/2023) pukul 07.30 WIB.

Adapun rute Parade Obor Demokrasi Indonesia 2024 Bawaslu Kota Tanjungpinang, dimulai dari halaman Mall Pelayanan Publik hingga Taman Tugu Sirih depan Gedung Daerah yang diikuti seluruh peserta Pemilu 2024.

Ketua Pelaksana Parade Obor Demokrasi Indonesia 2024, Muhammad Zaini, mengatakan ada dua hal yang disampaikan pada hari ini, pertama adalah meningkatnya pendidikan pemilih bagi masyarakat karena salah satu indikator Pemilu yang berkualitas adalah adanya pemilih yang cerdas.

"Kedua harapan kita adalah semakin meningkatnya partisipasi masyarakat baik partisipasi dalam pemilihan maupun partisipasi dalam pengawasan sehingga ending dan harapan kita semuanya Pemilu tahun 2024 menjadi Pemilu yang semakin berkualitas semakin berintegritas dan semakin demokratis," kata dia.

"Insyaallah dengan kebersamaan ini kita yakin dan percaya Pemilu di Kota Tanjungpinang adalah menjadi Pemilu yang terbaik di Indonesia. Mudah-mudahan Pemilu di Kota Tanjungpinang menjadi pemilihan yang teladan di Indonesia, seluruh partai politik dan ormas serta tokoh masyarakat bergandengan tangan dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024," jelas Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, itu.

Ia melanjutkan, pelaksanaan kegiatan ini dasarnya adalah merujuk kepada Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa seluruh Bawaslu memiliki satu tugas yaitu pengembangan pengawasan partisipatif dan kemudian pengembangan pengawasan partisipatif sesuai dengan arahan Bawaslu RI memiliki variasi kegiatan yang sangat beragam dalam bentuk sosialisasi secara langsung dan sebagainya.

"Tetapi hasil diskusi kami bersama rekan-rekan bagaimana kita mengemas kegiatan pengawasan partisipatif dengan kegiatan yang kegiatan sosialisasi yang menarik dengan pendekatan kebudayaan dengan pendekatan kesenian sehingga Pemilu yang sering kita maknai sebagai pesta demokrasi betul-betul kita rasakan auranya semangatnya spiritnya layaknya sebuah pesta yang namanya pesta tentu suasananya adalah penuh dengan kebahagiaan nyaman happy itulah yang harus kita rajut," ungkap Zaini.

Dalam Parade Obor Demokrasi Indonesia 2024 tersebut sebanyak 18 partai politik se-Kota Tanjungpinang membawa obor demokrasi Indonesia mulai pelepasan bersama Wali Kota Hj Rahma di Gedung Mall Pelayanan Publik menuju panggung utama.

"Terima kasih partisipasi rekan-rekan partai politik kita melihat ada harmonisasi yang sangat luar biasa. Dengan kegiatan ini memberikan semangat bagi kita semuanya bergandengan tangan dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024. Kami sangat menyadari suksesnya Pemilu tidak hanya ada di tangan penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu tetapi kesuksesan Pemilu adalah peran kita semuanya," pungkasnya.

Editor: Gokli