Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hajar Malaysia 3-1, Beregu Putra Indonesia Raih Emas SEA Games
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-05-2023 | 20:04 WIB
Bagas-Fikri1.jpg Honda-Batam
Pasangan Bagas Maulana/M Shohibul Fikri mengalahkan pasangan Malaysia di Final Sea Games 2023. (PBSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tim Badminton beregu putra Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 usai menang 3-1 atas Malaysia pada laga final di Morodok Techo National Stadium Badminton Hall, Kamis (11/5/2023).

Chico Aura Dwi Wardoyo turun pada partai pertama melawan Leong Jun Hao di nomor tunggal putra. Pengembalian yang tanggung dari Chico disambar Leong dengan drive. Sergapan itu membuat Leong menang 21-16 pada gim pertama.

Chico masih kesulitan keluar dari tekanan Leong pada awal gim kedua. Leong unggul 5-1. Leong tampil impresif pada partai pertama ini. Pengembalian Chico yang terlalu panjang membuat Leong unggul 16-6.

Smes Chico yang menyangkut di net membuat Leong menang 21-13. Malaysia unggul 1-0 atas Indonesia.

Pada partai kedua pasangan Bagas Maulana/M Shohibul Fikri menghadapi Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe. Placing Bagas ke ruang kosong di sisi backhand tidak bisa dijangkau Beh/Goh. Bagas/Fikri unggul 11-7 pada interval gim pertama.

Pengembalian tanggung di depan net dari Goh disambar Bagas guna unggul 16-10. Beh/Goh coba memberikan perlawanan dengan mendekat menjadi 12-18. Akan tetapi Bagas/Fikri bisa menuntaskan gim pertama dengan keunggulan 21-12.

Bagas/Fikri unggul 0-2 pada awal gim kedua, namun setelah itu Beh/Goh bisa berbalik unggul dengan skor 6-2.

Bagas/Fikri coba mengejar ketinggalan, namun tidak mudah. Lucky ball dari Beh yang menyentuh bibir net dan jatuh di lapangan Indonesia membuat pasangan Malaysia itu unggul 11-7 pada interval gim kedua.

Usai interval Bagas/Fikri terus menyerang. Lob dari Bagas yang tidak dijangkau Beh membuat pasangan Indonesia menyamakan skor jadi 13-13.

Persaingan ketat terjadi pada poin-poin kritis. Kedua pasangan sama kuat 19-19. Dorongan Fikri yang terlalu panjang membuat kok keluar lapangan, Beh/Goh unggul 20-19.

Fikri memaksa setting 20-20. Bagas/Fikri menang 22-20, Indonesia menyamakan skor 1-1.

Christian Adinata memberikan angin segar bagi tim Indonesia usai kalahkan Lee Shung Yang. Meski demikian Christian mendapat perlawanan ketat dari Lee sejak awal permainan.

Lee terus menunjukkan dominasinya hingga unggul 8-4. Christian perlahan memperpendek jarak menjadi 8-9, hingga akhirnya menyamakan skor jadi 9-9 dan 10-10.

Christian unggul 11-10 pada interval gim pertama. Itu jadi keunggulan pertama Christian atas Lee pada pertandingan ini. Pengembalian Lee yang menyangkut di net membuat Christian menang 21-17 pada gim pertama.

Christian langsung mendominasi atas Lee pada awal gim kedua. Usai unggul 11-4 pada interval gim pertama, Christian menang 21-9 setelah pengembalian servis Lee menyangkut di net.

Pada partai keempat yang jadi penentu kemenangan bagi Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Yacob Rambitan melawan Weijie Chia/Xun Liew.

Sejumlah eror dibuat Pramudya/Yeremia, terutama dengan pukulan yang kerap keluar lapangan. Chia/Liew unggul 11-8 pada interval dan menang 21-13 di gim pertama.

Pada gim kedua Pramudya/Yeremia bangkit dengan menang 21-16. Kemenangan itu membuat duel Pramudya/Yeremia vs Chia/Liew berlanjut ke rubber game.

Pasangan Malaysia melakukan banyak kesalahan pada gim ketiga yang menguntungkan Indonesia. Pramudya/Yeremia unggul 11-5 pada interval gim ketiga, sebelum akhirnya menang 21-16. Kemenangan Pramudya/Yeremia itu membuat Indonesia menang 3-1 atas Malaysia dan meraih medali emas nomor beregu putra SEA Games 2023.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha