Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Parpol Pendaftar Pertama, Pawai Budaya Ramaikan Pendaftaran Bacaleg PDIP Batam
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 11-05-2023 | 17:08 WIB
Nuryanto14.jpg Honda-Batam
Ketua DPC PDIP Kota Batam Nuryanto saat pendaftaran bacaleg ke KPU Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai yang pertama mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Batam.

Pawai Budaya hingga beragam kesenian asli Indonesia meramaikan Pendaftaran Bacaleg dari partai yang berlambang kepala banteng dengan moncong putih tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam pada Kamis (11/5/2023) pagi.

Di Kantor KPU Kota Batam Sekupang, rombongan bacaleg bersama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Batam Nuryanto, sekretaris, bendahara serta puluhan bacaleg melakukan long march dari Pelabuhan Internasional Sekupang menuju kantor KPU Kota Batam dengan diriingan musik-musik tradisional dan tabuhan gendang kesenian tradisional barongsai.

Bahkan beberapa bacaleg PDI Perjuangan Kota Batam terlihat larut dan turut berjoget mengikuti iringan musik kesenian dan budaya tradisional Indonesia tersebut.

Ketua DPC PDIP Kota Batam Nuryanto, disela-sela penyerahan berkas bacaleg mengatakan, penyerahan nama-nama Bacaleg ke KPU ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Tak terkecuali Kota Batam juga diserahkan pada hari ini.

"Penyerahan berkas bacaleg PDIP Kota Batam ini, sesuai instruksi DPP. Dimana pendaftaran nama-nama Bacaleg baik tingkat kabupaten/kota dan provinsi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (11/5/2023) pukul 10.00 WIB," ujar Nuryanto.

Lanjut Nuryanto, PDI Perjuangan khususnya di Kota Batam telah mempersiapkan para Bacalegnya dengan matang termasuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023.

"Alhamdulillah, seluruh penyerahan berkas persyaratan administratif para bacaleg ini telah lengkap dan diterima oleh KPU Batam. Langkah kita pagi ini lengkap semangat, langkah berkah dan menjadi langkah pertama," terangnya.

Senada, Ketua KPU Kota Batam, Martius mengatakan bahwa PDI Perjuangan Kota Batam menjadi parpol pertama yang melakukan penyerahan berkas pencalegan di KPU Kota Batam.

"PDIP jadi Partai Pertama yang mendaftarkan Bacalegnya. Setidaknya ada beberapa dokumen yang akan diperiksa dan diversifikasi oleh KPU Kota Batam. Dan nantinya disesuaikan antara hard copy dengan di sistem Silom," kata Martius.

Sebagaimana diketahui, Pendaftaran bacaleg tersebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017, PKPU Nomor 10 Tahun 2023, dan SK KPU RI Nomor 352 Tahun 2023, tahapan pengajuan Bacaleg dari Parpol berlangsung dari tanggal 1 Mei dan berakhir pada 14 Mei 2023.

Editor: Yudha