Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Binut Gelar Rakor Pencegahan Karhutla Wilayah Teluk Sebong
Oleh : Harjo
Senin | 08-05-2023 | 18:40 WIB
Rakor-karhutla-sebong1.jpg Honda-Batam
Kegiatan rapat kordinasi cegah kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Teluk Sebong Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polsek Bintan Utara bekerjasama dengan Kecamatan Teluk Sebong, bersama unsur TNI dan lainnya, gelar rapat koordinasi pencegahan Karhutla tahun 2023 tingkat kecamatan, di Gedung Comunity Center (GCC) Teluk Sebong, Senin (8/5/2023).

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suwitnyo, dalam rapat tersebut menyampaikan apresiasnya kepada UPTD Damkar Tanjunguban yang sudah memberikan pelatihan kepada tim Karhutla Teluk Sebong.

"Semoga apa yang telah diajarkan, dapat dilaksanakan dilapangan pada saat dibutuhkan. Mengingat akhir-akhir ini cuaca cukup panas, walau masih ada hujan walaupun tidak setiap saat," ujarnya.

Menurutnya, dari kepolisian bersama pemerintah setempat, akan terus melakukan pencegahan dini, serta hal-hal yang perlu disiapkan untuk pencegahan karhutla khusus diwilayah hukum Polsek Bintan Utara. Saat ini persiapan pencegahan yang dilakukan di tingkat desa dan kelurahan sudah sangat maksimal.

"Mari kita bersama-sama laksanakan pencegahan karhutla sejak dini, dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat, saat membuka lahan agar jangan membakar hutan atau lahan," harapnya.

Sementara itu, Camat Teluk Sebong Sri Heny Utami, berharap dengan adanya rapat koordinasi pencegahan Karhutla, semakin sinergi dalam tenaga dan sara prasarana yang ada, untuk meminimalisir terjadinya Karhutla.

"Di Kecamatan Teluk Sebong, setiap desa sudah mempunyai anggaran terkait penanggulangan dan pencegahan Karhutla, agar benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan tersebut," tegasnya.

Ditambahkan oleh Danramil 03 Bintan Utara, Kapten Dede Tri Haryanto, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pencegahan dini, serta deteksi dini yang mana kita juga harus selalu mengingatkan kepada keluarga dan masyarakat. Untuk dapat bersama- sama mencegah terjadinya Karhutla.

"Mengingatkan kepada Bhaninsa dan Bhabinkamtibmas, agar dapat terus mensosialisasikan pencegahan Karhutla kepada masyarakat. Sehingga warga masyarakat mengerti dan lebih paham," harapnya.

Editor: Yudha