Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Jenis Penyakit Terbanyak Diderita Warga Sagulung
Oleh : kli/dd
Selasa | 28-08-2012 | 14:27 WIB

BATAM, batamtoday - Kondisi cuaca yang tidak menentu kerap menimbulkan berbagai penyakit. Saat ini di daerah Sagulung ada 10 jenis penyakit yang paling banyak diderita warga, berdasarkan data rekam medik di Puskesmas Sungai Lekop.


Data tersebut dibuat setiap bulan, berdasarkan jumlah pasien yang datang berbat dan merupakan gabungan data dari Puskesmas pusat. Salah satu jenis penyakit yang paling tinggi yakni Infeksi Saluran Pernapasa Akut (ISPA) per bulan Juni tercatat 912  pasien, kemudian disusul penyakit gangguan gigi dan jaringan penunjang tercatat 201 pasien.

"Data pertiap bulan yang kita lakukan, dua jenis penyakit ini yang paling banyak diderita pasien yang datang berobat," jelas dr Sanny Tiurni Ari, Kepala Puskesmas Sungai Lekop, kemarin.

Untuk urutan selanjutnya, penyakit Scalies atau jenis penyakit kulit tercatat 173 orang, Gastitis Kronis tercatat 161 orang, Headache tercatat 101 pasien, Gangguan perkembangan dan erupsi gigi 87 orang, Hipertensi 86 orang, Gastro Entritis 78 orang, Dermatitis Contak 75 orang dan terakhir Farinitis akut tercatat 72 orang.

"Data ini merupakan data pada bulan Juli, yang mana urutan pertama tetap penyakit ISPA, sementara urutan kedua sampai sepuluh selalu berubah setiap bulannya," jelas Sanny.

Data ini, kata Sanny sudah merupakan gabungan data dari Puskesmas pusat dan beberapa puskesmas di daerah Sagulung. Memang, ISPA masih saja yang paling banyak di Puskesmas Sungai Lekop, karena jenis penyakit menulat yang disebabkan virus, bakteri maupun kuman. Sehingga, untuk mengantisipasi sejak dini perlu kesadaran akan kebersihan diri dan lingkungan.

"Bukan cuma ISPA aja yang perlu diantisipasi, namun semua jenis penyakit itu dihindari dengan cara menjaga kebersihan baik lungkungan maupun pribadi. Apabila sudah timbul gejala sebaiknya segera diperiksa ke dokter," paparnya.

Selain itu, masalah cuaca yang tidak menentu juga berpengaruh terhadap kesehatan, misalnya kondisi panas kerap menimbulkan banyak demi, dan saat hujan cuaca dingin perpengaruh terhadap kekebalan tubuh.

"Masalah debu dan cuaca dingin jelas berpengaruh terhadap kesehatan terutama ISPA. Tapi, jika tubuh kita sudah bersih dan lingkungan yang bersih penyakit tersebut dapat dihindari sejak dini," tutupnya.