Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

20 Surat Raffles Dipamerkan di Singapura
Oleh : Redaksi/M
Selasa | 28-08-2012 | 13:07 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Untuk pertama kalinya, surat-surat yang ditulis Thomas Stamford Raffles atau yang dijuluki bapak Singapura modern, akan dipamerkan di depan publik.


Pameran bertajuk, Letters, Intrigues Behind The Founding of Singapore itu digelar di Lantai 10 Kantor Arsip Nasional Singapura, Victoria Street, mulai hari ini, Selasa(28/8/2012) hingga Februari 2013 mendatang.

Dikatakan ketua panitia pameran, DR John Bastin, koleksi surat diambil dari arsip perpustakaan nasional Singapura, dan sebagian lainnya dipinjam dari koleksi Bute di Mount Stuart, Skotlandia.  

"Kami sengaja membuat pameran ini karena masyarakat Singapura harus tahu apa sebenarnya yang diinginkan Raffles dan agenda beliau untuk Singapura di masa yang akan datang, dan tentu saja sangat berbeda dengan yang dipelajari dalam sejarah selama ini," kata doktor yang bertahun-tahun meneliti kehidupan Raffles itu.

Total 20 surat yang dipamerkan dipercaya ditulis Raffles sebelum dan sesudah tahun 1819 tepat saat Singapura baru dirumuskan. Surat itu sendiri menjelaskan mengenai pandangan pribadi seorang Raffles yang ingin mendirikan lokasi baru bagi kekuasaan Inggris dan menentang kehadiran Belanda. 

"Ini bisa mengungkap dengan jelas mengenai sejarah pendirian Singapura yang selama ini banyak tidak diketahui umum, karena pelajaran sejarah sudah banyak yang menyimpang," terang DR John Bastin. 

Selain surat-surat Raffles, pengunjung yang hadir juga bisa melihat peninggalan sejarah lainnya, seperti peta-peta abad pertengahan, kertas perjanjian antara Inggris dan Belanda serta buku-buku kuno yang terbit pada abad ke-18.