Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekdaprov Kepri Saksikan Penandatanganan Kerjasama Pendanaan Pemilu Serentak 2024
Oleh : Redaksi
Senin | 10-04-2023 | 18:36 WIB
Sekda-Kepri11.jpg Honda-Batam
Acara Penandatangan Kerjasama Pendanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di Provinsi Kepri, bertempat di Gedung Graha Kepri Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara menyaksikan berita acara Penandatangan Kerjasama Pendanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di Provinsi Kepri, bertempat di Gedung Graha Kepri Kota Batam, Senin (10/4/2023).

Penandatangan kali ini dilakukan antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan masing-masing kabupaten/kota. Masing-masing berita acara selanjutnya diteken oleh kepala daerah baik gubernur, bupati, walikota. Adapun yang diwakilkan, hanya diparafkan saja.

Menurut Sekdaprov Adi, Penandatanganan kerjasama itu sendiri guna mensukseskan penyelenggaraan kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota wakil walikota yang dilaksanakan serentak di Provinsi Kepri.

Tidak itu saja, tambah Sekdaprov Adi, penandatanganan kerjasama ini juga dimaksudkan untuk efisiensi pendanaan kegiatan pemilihan kepala daerah.

"Tentunya, pembiayaan ini dilakukan secara proporsional antara provinsi, kabupaten dan kota, disesuaikan dengan beban kerja masing - masing daerah," kata Adi Prihantara dilansir dari laman Diskominfo Kepri.

Tak lupa, Sekdaprov Adi juga menyatakan, kalau kerjasama yang dilaksanakan ini sendiri, sudah sesuai dengan amanah pada pasal 4, 5 dan 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Pendanaan Pemilihan Kepala Daerah yang menggunakan anggaran pada APBD masing masing daerah.

"Mengingat di tahun 2023 ini, anggaran sudah harus disiapkan minimal 40 persen, dari kebutuhan penyelenggaran pilkada. Adapun selebihnya, kita alokasikan kembali ditahun 2024, " jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen melakukan tugas dan tanggung jawabnya untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada. Agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan lancar, dan akan melahirkan pimpinan yang berkualitas.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Ketua KPU Provinsi Kepri dan jajarannya, Ketua Bawaslu Kepri dan jajarannya, Bupati dan Walikota, para asisten dan OPD Provinsi Kepri serta hadirin undangan lainnya.

Editor: Yudha