Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ASDP Siap Berangkatan 50 Kendaraan Roda Empat dari Pelabuhan Roro Telaga Punggur per Hari
Oleh : Aldy
Selasa | 28-03-2023 | 12:08 WIB
arus-lebaran.jpg Honda-Batam
Rapat koordinasi antisipasi kepadatan penumpang jelang Idul Fitri 1444 H/2023 di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Kota Batam, Senin (27/3/2023) sore. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT ASDP (Persero) Batam menargetkan bisa memberangkatkan 50 unit kendaraan roda empat per hari dari Pelabuhan Roro Telaga Punggur, saat arus mudik Idul Fitri 1444 H/2023. Hal ini merupakan upaya mendukung kelancaran arus mudik lebaran.

"Mulai tanggal 4 April kita sudah siapkan 3 kapal untuk jalur antar provinsi setiap hari. Jadi antrean 1 sampai 100 dalam dua hari harus selesai. Antrean 101 berangkat di hari ketiga, dan begitu seterusnya," ujar General Manager ASDP Batam, Marsadik, usai melakukan rapat bersama, antisipasi kepadatan penumpang di Pelabuhan Roro Telaga Penggur, Senin (27/3/2023) sore.

Dijelaskan Marsadik, untuk pendaftaran kendaraan akan yang menggunakan jasa penyebrangan kapal Roro Telaga Penggur, pihaknya akan membuka pendaftaran mulai tanggal 1 April 2023 mendatang.

Ia mengimbau kepada calon penumpang untuk datang langsung ke Pelabuhan Roro Telaga Punggur untuk melakukan pendaftaran langsung dengan membawa surat-surat kelengkapan kendaraan. ASDP Punggur tidak akan melayani pendaftaran dengan perwakilan apalagi melalui calo.

"Wajib pemilik mobil yang mendaftar sendiri. Tunjukkan STNK atau BPKB kalau ada. Dan saya pastikan semua kendaraan yang tercatat itu tidak boleh digantikan oleh kendaraan lain disaat pemberangkatan," tegas Marsadik.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Junaidi, mengatakan, pada saat menjelang hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, baik Dishub Kepri maupun pihak ASDP Telaga Penggur akan memprioritaskan mobilitas kendaraan logistik terutama yang bermuatan sembako.

"Kendaraan logistik itu perioritas utama, itu arahan langsung dari Kementrian Perhubungan. Jadi kalau disaat yang bersamaan kendaraan logistik banyak yang akan menggunakan jasa kapal Roro, maka kendaraan logistik khususnya sembako itu yang diutamakan," jelas Junaidi.

Editor: Gokli