Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 9 Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan
Oleh : Redaksi
Senin | 27-03-2023 | 13:44 WIB
infused-water-lemon.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Infused water lemon, jenis minuman yang terbuat dari air putih dicampur irisan lemon. Minuman yang memiliki rasa asam, tetapi menyegarkan ini menyimpan beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berbagai manfaat kesehatan dari infused water melon, seperti menghidrasi tubuh, membuat tubuh jadi nggak gampang sakit, sampai mencegah kulit kering.

Dilansir Alodokter.com, buah lemon mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat, kolin, antioksidan, serta vitamin A, B6, dan C. Oleh karena itu, minum infused water lemon akan memberikanmu beragam dampak baik bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Minum infused water lemon bisa membantu menghidrasi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, paduan air putih dengan kandungan air pada buah lemon yang cukup tinggi tersebut bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Mencegah kulit kering

Mencukupi kebutuhan cairan harian bukan cuma bisa mencegah dehidrasi, tetapi juga bisa mencegah kulit kering karena air juga membantu kulit terhidrasi. Biasanya, kulit kering ditandai dengan ciri-ciri, yaitu kasar ketika disentuh, gatal, bersisik, bahkan tidak jarang jadi rentan mengelupas dan menimbulkan luka.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Buah lemon merupakan salah satu sumber vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung sejumlah antioksidan, vitamin A, dan asam folat. Keempat kandungan tersebut sangat diperlukan untuk mendukung sistem imun.

Makanya, jangan kaget kalau kamu tidak gampang sakit setelah rutin minum infused water lemon. Namun, selain dengan mengonsumsi minuman ini, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi setiap hari, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan dan supaya tetap bugar.

4. Mengontrol tekanan darah

Bila kamu menderita hipertensi, cobalah untuk minum infused water lemon. Minuman ini mengandung kalium, yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darahmu.

Tidak hanya itu, mineral ini juga dibutuhkan tubuh untuk membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik, serta membantu jantung agar berdetak teratur. Selain lemon, kamu juga bisa memperoleh kalium dari alpukat, jeruk, kentang, bayam, pisang, dan tomat.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal

Asam sitrat dalam buah lemon dipercaya bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, sitrat (komponen pada asam sitrat) bisa mengurangi kadar keasaman (pH) urine, serta mampu memecah batu ginjal agar ukurannya mengecil. Namun, dibutuhkan asam sitrat dalam jumlah yang banyak untuk merasakan manfaat ini.

6. Mencegah kerusakan sel

Radikal bebas bisa merusak sel dan menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit, termasuk kanker. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan, salah satunya lemon.

7. Membuat kulit lebih sehat

Selain menggunakan serangkaian skin care, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah lemon, yang merupakan salah satu sumber vitamin C dan antioksidan, agar kulit lebih sehat. Kedua nutrisi ini bisa meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit lebih halus, serta menyamarkan kerutan dan flek di wajah.

8. Melancarkan pencernaan

Minum air lemon atau infused water lemon sebelum makan bisa membantu memecah makanan, serta meningkatkan dan memperbaiki saluran cerna. Manfaat tersebut diperoleh dari sitrat pada buah lemon yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik.

9. Mencegah anemia

Vitamin C pada lemon mampu membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Minum infused water lemon dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian dari makanan atau minuman lainnya bisa melindungimu dari penyakit anemia.

Itulah 9 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan rutin minum infused water lemon setiap hari. Cara membuat minuman ini pun tidak sulit, kok. Kamu hanya membutuhkan dua bahan saja, yaitu air putih dan buah lemon.

Anda juga bisa menambahkan beragam bahan lain, seperti daun mint, madu, jahe, juga kayu manis ke dalam infused water lemon. Anda bisa memilihnya sesuai dengan seleramu, namun, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi minuman ini. Soalnya, kandungan asam pada buah ini bisa meningkatkan asam lambung dan mengikis enamel gigi.

Jika Anda ingin minum infused water lemon, tetapi ragu atau memiliki kondisi medis tertentu, misalnya GERD, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Sumber: Alodokter.com

Editor: Gokli