Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemudik Mulai Banjiri Pelabuhan Sekupang Batam
Oleh : si/ant
Minggu | 26-08-2012 | 09:23 WIB

BATAM, batamtoday - Sekitar 5.000 orang penumpang kapal dari bebeberapa daerah Provinsi Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, tiba di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, pada hari keenam setelah Idul Fitri 1433 Hijriah, Sabtu (25/8/2012).



"Jumlah penumpang yang tiba hingga saat ini hampir 5.000 orang. Masih ada beberapa kapal yang akan segera tiba," kata Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Mugi Utomo.

Ia memperkirakan hari itu merupakan puncak arus balik dari Pekan Baru, Selat Panjang, Dumai, Tanjung Balai Karimun dan beberapa pulau lain di Kepulauan Riau ke Kota Batam.

"Sejak pagi, kapal yang tiba semuanya sarat penumpang yang kembali ke Batam. Mereka dari wilayah jauh seperti Pekanbaru dan Dumai, serta dari Tanjung Balai Karimun dan pulau-pulau lain yang relatif dekat dari Batam," kata dia.

Utomo mengatakan, pada Sabtu ada 34 kapal berlayar dari dan ke Sekupang mengangkut pemudik yang balik atau meninggalkan Kota Batam.

Jumlah penumpang yang berangkat, sangat sedikit dibandingkan jumlah penumpang yang tiba di Batam.

Beberapa kapal feri yang diberangkatkan ke berbagai tujuan hanya diisi sedikit penumpang.

Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin Safrizal mengatakan, jumlah kedatangan penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang sejak Selasa hingga Jumat siang diperkirakan telah mencapai sekitar 20 ribu orang.
 
Ia mengatakan, arus penumpang yang tiba di Batam masih akan deras hingga Minggu (26/8) karena Senin merupakan hari pertama pelajar masuk sekolah.

"Kemungkinan pada Sabtu dan Minggu jumlah penumpang akan mengalami lonjakan. Terutama dari wilayah yang relatif dekat seperti Tanjung Balai Karimun, Moro, Tanjung Batu, dan beberapa pulau lain di wilayah Kepri," kata Erwin.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata Erwin, pemudik jarak dekat memang memilih dua hari terakhir  ke Batam untuk kembali memulai aktivitas rutin.