Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

STQH XV Tingkat Kabupaten Karimun Digelar Sederhana di Mesjid Agung Karimun
Oleh : Fredy
Sabtu | 11-03-2023 | 08:04 WIB
0112_stqh-karimun-0123.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat membuka STQH ke XV tingkat Kabupaten Karimun. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kegiatan pelaksanaan Seleksi Tilawahtil Quran dan Hadist (STQH) bisa menciptakan masyarakat yang religius dan suasana yang sejuk bagi warga Kabupaten Karimun.

Demikian ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka kegiatan STQH XV tingkat Kabupaten Karimun tahun 2023 di Masjid Agung Karimun, Jumat (11/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Ketua DPRD Kabupaten Karimun M. Yusup Sirat, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dan Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, serta staf ahli Gubernur Kepri Mahadi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun serta para camat dan lurah.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan STQ bagi kita tidak asing lagi dan sudah dilakukan secara berjenjang dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan

"Insya Allah Kabupaten Karimun pada bulan Mei tahun 2023 ini akan menjadi tuan rumah pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Karimun," ujar Aunur Rafiq.

Lanjut Aunur Rafiq, seiring dengan perkembangan TPQ dan bertambahnya para qori dan qoriah yang berprestasi baik di ajang STQ maupun ajang MTQ, prestasi yang telah diukir Kabupaten Karimun yakni 3 kali berturut-turut juara umum MTQ serta STQ, meskipun tahun lalu tidak berhasil mempertahankan posisi sebagai juara umum.

Aunur Rafiq mengakui, salah satu faktor kegagalan Kabupaten Karimun mempertahankan posisi sebagai juara umum ada STQ tahun lalu akibat ketidakmampuan dalam penganggaran, sehingga tidak bisa dilakukan pembinaan secara maksimal.

"Semuanya ini harus diterima dengan keikhlasan dan lapang dada, bahwa orang lain lebih baik daripada kita dan lebih berusaha daripada kita dan itu harus kita hormati dan hargai. Dengan momentum STQH tahun 2023 yang dilakukan hari ini, kalau kita ingin meraih prestasi harus kembali berjuang, berusaha dan berikhtiar serta bertawakal, kalau itu memang rezeki kita, Allah akan sampaikan dan kalau bukan rezeki kita Allah SWT belum kabulkan, lanjut Bupati Karimun.

Sesungguhnya, dalam STQH ini tujuan kita bukan hanya mencari juara, tetapi yang terpenting dan esensial adalah bagaimana memahami, mempelajari dan di mengimplementasikan nilai-nilai al Quran dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Aunur Rafiq, dalam pembinaan keagamaan sebenarnya Kabupaten Karimun tidak kalah dengan daerah lainnya dan cukup banyak sudah dilakukan termasuk dalam pemberian insentif.

Kegiatan STQH tingkat Kabupaten Karimun tahun 2023 ini memang dilaksanakan secara sederhana saja, mengingat pada bulan Mei tahun ini Karimun dipercayakan sebagai tuan rumah STQ ke X Provinsi Kepri.

Kemudian, Bupati Karimun memohon maaf jika STQH tingkat Kabupaten Karimun tahun 2023 dilaksanakan secara sederhana, karena kita menjadi tuan rumah STQ tingkat Provinsi Kepri. Sehingga anggaran yang ada lebih dipersiapan untuk traning center dan pembinaan untuk ke tingkat provinsi nanti.

"Sukses sebagai tuan rumah dan penyelenggara, serta kalau bisa sukses juga dalam prestasi," harap Bupati Karimun itu mengakhiri.

Editor: Dardani