Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Walah, Sampah Berserak Bahkan di Bawah Plang Himbauan Pemko
Oleh : hz/ypn
Jum'at | 24-08-2012 | 15:58 WIB

BATAM, batamtoday - Kesadaran masyarakat Batam agar membuang sampah pada tempatnya masih dibilang sangat rendah, sebab masih banyak sampah berserakan yang dibuang warga disembarangan tempat di beberapa wilayah di Kota Batam.


Bahkan sampah yang dibuang warga itu tepat di samping plang himbauan Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang dimana ada ketentuan dan ancaman bagi mereka melakukan pelanggaran. Entah tidak tahu atau disengaja tetap saja hal tersebut masih dilakukan.

Seperti yang terlihat di simpang masuk menuju Sekolah Mondial di daerah Baloi, dimana sampah dibuang sembarangan dan dibiarkan berserakan di tepi jalan oleh warga, padahal di sana terlihat jelas plang larangan membuang sampah.

Pantauan batamtoday, Jumat (24/8/2012), sampah-sampah yang berserakan itu sengaja dibuang oleh warga sekitar yakni dari ruli Baloi Kolam dan sudah berlangsung lama.

"Tempat itu memang dijadikan tempat pembuangan sampah warga di sini, sebab pemerintah tak ada menyiadakan tempat sampah bagi kami," ujar Yanto, warga Baloi Kolam kepada batamtoday.

Bukan kami tak sadar akan kebersihan, lanjut Yanto, tetapi karena tak ada fasilitas tempat pembuangan sampah akhirnya jalan raya menuju Sekolah Mondial itu dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara bagi warga Baloi Kolam.

"Kami sadar akan kebersihan, tapi karena tak ada tempat sampah disini makanya kami buang sampah disana," jelasnya.

Selain di simpang Sekolah Mondial, masih banyak lagi sampah yang berserakan di Batam seperti di daerah Jodoh, Nagoya, Bengkong, Baloi, Sekupang, Batuaji dan Sagulung. Namun masalah ini tak bisa dibiarkan dan menjadi perhatian pemerintah.