Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Sarasehan KAMMI Kepri, Aiyub: Mari Bersama dan Bersinergi Membangun Daerah
Oleh : Redaksi
Minggu | 26-02-2023 | 13:33 WIB
001122_kammi-kepri-01.jpg Honda-Batam
KAMMI Kepri menggelar Sarasehan dan Musyawarah Kerja Tahun 2023 sempena Pelantikan Pengurus Periode 2022-2024 di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Sabtu (25/2/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kepaulauan Riau (Kepri) menggelar Sarasehan dan Musyawarah Kerja Tahun 2023 sempena Pelantikan Pengurus Periode 2022-2024 di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Sabtu (25/2/2023).

Sarasehan KAMMI Kepri dan KAMMI Tanjungpinang kali ini mengangkat tema 'Pengelolaan Wilayah Pesisir, Blue Economy, Kesejahteraan Nelayan dan Mayarakat Pesisir".

"Nah, untuk sarasehan KAMMI mengangkat tema tentang kelautan dan pesisir di Kepri. Tema ini diangkat agar mahasiswa Kepri juga memahami dan mengetahui keadaan laut Kepri," kata Rafika Afriyanti, Ketua KAMMI Kepri yang baru saja dilantik.

Sarasehan KAMMI Kepri ini secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Kesra Kepri Aiyub SE, mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Dalam sambutannya, Aiyub SE menyampaikan salam dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang berhalangan hadir, kepada seluruh tamu undangan.

"Kami ucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus KAMMI Kepri dan KAMMI Tanjungpinang periode 2022-2024. Saya berpesan kepada adik-adik KAMMI dan mahasiswa, mari kita bersama-sama berkolaborasi dan sinergi dalam membangun Kepri," kata Aiyub.

Sarasehan KAMMI Kepri mengahdirkan narasumber, di antaranya Kepala Kesbangpol Kepri Said Sudrajat, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UMRAH Ary Satria Dharma, dan Ketua Umum KAMMI Pusat Zaky Ahmad Rivai.

Masing-masing narasumber menyampaikan poin-point penting sesuai dengan kepakarannya. Pada intinya, harus ada kolaborasi yang dilakukan antara masyarakat, mahasiswa dan pemerintah di Kepulauan Riau untuk menangani masalah-masalah yang terjadi, serta dapat mengoptimalkan potensi potensi yang ada.

"KAMMI harus bisa menjadi pressure group dalam mengawal isu-isu tata wilayah pesisir yang berkelanjutan, harus mampu menjadi inisiator di kalangan mahasiwa untuk inovasi-inovasi di bidang kelauatan dan perikanan," ungkap Ary Satria, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UMRAH.

Sementara Kepala Kesbangpol Kepri Said Sudrajat menkankan perlunya kolaborasi dari masyarakat, khususnya mahasiswa, agar bisa mengoptimalkan potensi yang ada di Kepri. "Dengan 98 % wilayah laut, saat ini PDRB dari kelautan hanya menyumbang 1 s/d hampir 3 % pada PDRB Provinsi Kepri." kata Said Sudrajat.

Ketua Umum PP KAMMI Zaky Ahmad Rivai mengingatkan KAMMI dan mahasiswa di Kepri untuk fokus membuat gerakan-gerakan agar mampu mengoptimalkan pengelolaan pesisir Kepri yang berkelanjutan.

"Terdapat banyak isu dan problematika di tahun-tahun mendatang. Namun KAMMI dan mahasiswa di Kepri harus mampu mengoptimalkan pengelolaan potensi pesisir yang berkelanjutan," tutup Zaky Ahmad Rivai.

Editor: Surya