Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Pastikan Stok Daging di Batam Aman Hingga Lebaran 2023
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 25-02-2023 | 18:20 WIB
pedagang_daging-di-pasar-botania-21.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi pedagang daging segar di Pasar Botania. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis menyebutkan bahwa stok daging segar (sapi) tercukupi hingga hari raya Idul Fitri mendatang.

"Stok untuk di Batam aman sampai lebaran, karena kebutuhan daging segar itu yang paling banyak pada perayaan Idul Adha atau hari raya kurban," ujar Kepala Mardanis saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (25/2/2023).

Dijelaskan Mardanis, amannya stok daging segar dari hewan sapi dan kambing di Batam itu karena Kota Batam sudah terbebas dari zona merah akibat dari wabah PMK. Sehingga tidak adalagi kendala yang berarti untuk pasokan hewan sapi dan kambing.

"Jadi kalau zona merah itu tidak boleh, kita sudah aman sekarang," kata dia.

Untuk saat ini, lanjutnya, sudah ada 300 ekor sapi yang tersedia di Batam untuk kebutuhan masyarakat dan itu masih cukup hingga menjelang lebaran.

"Karena kebutuhannya itu tidak banyak, dalam satu hari biasanya sapi yang kami potong itu hanya beberapa ekor, paling banyak itu sepuluh ekor saja," jelasnya.

Untuk pengawasan hewan ternak yang masuk, Mardanis menambahkan, pihaknya secara ketat melakukan pemeriksaan sebelum bisa masuk ke karantina.

"Karena kami juga ada satgas agar hewan yang masuk tidak sembarangan, kami juga sudah memberikan vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak yang ada di sini," sambung Mardanis.

Terpisah, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Batam, Gunawan Satary menuturkan, saat ini pemerintah sudah memiliki solusi terkait kecukupan daging segar seperti sapi dan kambing untuk kota Batam menjelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Untuk lebaran Idul Fitri Alhamdulillah stok cukup. Sebetulnya, pemerintah yang berhak menyampaikan ini. Kita tau pemerintah sudah punya solusi. Dan kita sudah zona hijau," ujar Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan menyebutkan, saat ini HKTI siap mendukung langkah pemerintah untuk mengantisipasi kecukupan sapi segar di Batam. Pihaknya akan pro aktif untuk mencegah kelangkaan daging sapi di Batam seperti tahun lalu.

"Jangan sampai terjadi lagi keresahan masyarakat seperti tahun lalu, kita siap mendukung pemerintah," pintanya.

Editor: Yudha