Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPH Migas Gandeng Intelijen Awasi Distribusi BBM Bersubsidi Merata dan Tepat Sasaran
Oleh : Redaksi
Jumat | 24-02-2023 | 19:48 WIB
subsidi-tepat1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi BBM subsdi. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggandeng Deputi Bidang Intelijen Ekonomi Badan Intelijen Negara (BIN) untuk memastikan distribusi BBM dan gas subsidi yang adil, merata serta tepat sasaran.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati dalam kerja sama ini BIN akan memberikan bantuan terkait dua hal yakni, pemberian informasi penyalahgunaan BBM bersubsidi serta pemberian pengamanan preventif dan pelatihan teknis.

"BIN dapat memberikan informasi potensial penyalahgunaan terkait penyediaan dan pendistribusian BBM dan gas bumi melalui pipa serta memberikan pengamanan preventif hingga kerja sama dalam peningkatan kemampuan sumber daya manusia berupa pendidikan dan pelatihan teknis intelijen," ujar Erika melalui keterangan resmi, Kamis (23/2/2023).

Ia menambahkan dengan kerja sama ini pihaknya dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan ketidaktaatan terhadap peraturan perundang-undangan terkait kegiatan penyediaan dan pendistribusian energi yang dilakukan oleh badan usaha atau lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Intelijen Ekonomi BIN I Gede Made Kartikajaya mengatakan mengatakan kerja sama ini merupakan strategi untuk menjaga pemerataan energi yang adil dan merata serta tepat sasaran.

"Dengan adanya PKS ini kami bisa bertukar informasi strategis untuk pencegahan distribusi BBM atau gas dalam pipa yang tidak sesuai, ini kolaborasi BPH Migas dan BIN, untuk menjaga ketersediaan energi tepat sasaran," ungkap Gede.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha