Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

AIM Siap Kucurkan 7,2 T untuk PKS
Oleh : Redaksi
Kamis | 23-08-2012 | 12:56 WIB
Amanah_Ihtiar_Malaysia.jpg Honda-Batam
Para Pengusaha Kecil dan Sederhana (PKS) Malaysia yang meminjam dana AIM, foto:AIM

PETALING JAYA, batamtoday - Amanah Ihtiar Malaysia (AIM) siap mengucurkan dana sebesar RM 2,6 miliar atau berkisar 7,2 triliun untuk mengembangkan Pengusaha Kecis dan Sejahtera (PKS) di seluruh Malaysia.


Demikian dikatakan penanggung jawab AIM, Datuk Zabidah Ismail.

"Penyaluran dana itu sendiri direncanakan akan dimulai pada awal 2013 mendatang," katanya dikutip batamtoday dari Berita Harian, Kamis(23/8/2012).

Dikatakan Zabidah Ismail, pengucuran dana bantuan tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga menjelang 2015. Untuk tahun 2012 ini, Malaysia telah merogoh anggaran hingga RM 2,1 miliar untuk program yang sama. 

"Jadi total anggaran nantinya akan mengalami peningkatan sekitar RM500 juta," katanya.

Menurut data AIM, dari total 311 ribu peminjang modal mikro dalam kurun waktu 2011 hingga 2012, telah menikmati pendapatan yang lebih. Umumnya mereka berhasil mengembangkan usahanya hingga pundi-pundi penghasilan mereka pada akhirnya bertambah.

"Sekitar 50 ribu dari total peminjam mengaku menikmati peningkatan pendapatn hingga RM3500 per bulan," katanya. 

Dari data tersebut, Zabidah mengklaim bahwa program bantuan untuk usaha mikro yang dijalankan pemerintah Malaysia melalui AIM secara umum telah berhasil. Untuk itu, kedepan pihaknya akan berusaha untuk terus melakukan pengembangan.

"Kini kami puas karena pelaku usaha mikro di negeri ini telah berhasil dan siap bersaing di pasaran," tuntasnya.