Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Minta Tambahan Kuota Haji
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-08-2012 | 10:22 WIB
Haji_SIngapura.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: haji

SINGAPURA, batamtoday - Kuota haji Singapura selama ini memang tergolong cukup kecil. Bahkan tahun 2012 secara resmi Singapura hanya kebagian jatah sebesar 680 tempat, hanya saja peningkatan jumlah jemaah haji yang mendaftar membuat negeri pulau itu harus mengajukan tambahan kuota kepada pemerintah Arab Saudi.


Dari data sementara, jumlah tambahan yang dibutuhkan Singapura adalah sebanyak 1500 tempat duduk. Sehingga kuota 2012 dapat memenuhi 2180 tempat sesuai dengan jumlah jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji.

"Kami akan mengumumkan secara resmi berapa kuota akhir yang disepakati oleh pemerintah Arab Saudi," kata Dr Yaacob Ibrahim, Menteri Penanggungjawab Ehwal Masyarakat Islam Singapura. 

Dikutip dari Cyberita Asia, Rabu(22/8/2012), Yacoob mengungkapkan jika jumlah 2180 yang dimaksud belumlah finis. Sebab masih menunggu pengesahan dari Arab Saudi. Namun pihaknya yakin, pengajuan kuota tambahan sebanyak 1500 akan disepakati mengingat antusias warga muslim Singapura yang ingin segera menunaikan ibadah haji.

"Paling lambat pertengahan bulan Syawal ini kami umumkan," katanya.

Untuk memuluskan proses keberangkatan, pemerintah Singapura telah menunjuk enam perusahaan pribadi dan lima konsorsium yang bergerak dibidang perjalanan.