Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur dan Kepala Daerah di Sumut Bakal Hadiri Pelantikan Pengurus IKABSU Batam
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 01-02-2023 | 19:32 WIB
Ikabsu-Batam1.jpg Honda-Batam
Konfrensi pers pelaksanaan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kota Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi beserta Kepala Daerah (Kota dan Kabupaten) se-Sumatera Utara (Sumut) dipastikan akan hadir dan meramaikan pelantikan serta pengukuhan Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kota Batam.

Dengan mengusung tema "Horas, Mejuah-juah, Njuah-juah, Ya'ahowu, Ahoi" pelantikan Ketua IKABSU Kota Batam periode 2022-2027, akan digelar di Dataran Engku Putri pada Jumat (3/2/2023) sore.

Ketua Panitia acara, Samsul Paloh mengatakan, semua persiapan pelantikan dan pengukuhan pengurus IKABSU periode sudah hampir selesai dan mendekati 100 persen.

"Hingga saat ini, persiapannya sudah mencapai 90 persen. Mulai dari persiapan pengukuhan dan pelantikan, penyambutan Gubernur dan Kepala Daerah se-Sumatera," ujar Samsul Paloh didampingi Ketua Umum IKABSU Kota Batam terpilih Udin P Sihaloho di Perkantoran KBS KDA, Batam Center pada Rabu (1/2/2023) sore.

Lanjut Samsul Paloh, di Momen pengukuhan dan pelantikan yang dibungkus dengan acara silaturahmi dengan warga Sumatra Utara yang bermukim di kota Batam, acara juga disejalankan dengan bazaar kuliner dan souvenir dari pelaku-pelaku UMKM se-Kota Batam.

"Jadi momen ini tidak hanya dalam bentuk pengukuhan saja, tapi juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk bisa berkreasi dalam ajang ini, saat ini sudah ada 15 UMKM dari IKABSU yang sudah mendaftar, sisanya dari UMKM Pemko Batam," kata Samsul.

Sementara, Ketua Umum IKABSU Kota Batam Udin P Sihaloho menyampaikan, selain pelantikan dan pengukuhan para pengurus periode 2022-2027 ini, momen ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus pesta rakyat dari masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan.

"Ini merupakan pesta rakyat. Dimana kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dalam mengobati kerinduan masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Mengingat, lanjut Udin yang juga sebagai Anggota DPRD kota Batam ini, banyak warga Sumatera Utara yang ada di Batam ternyata memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung program-program pembangunan yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah.

"Untuk di Batam sendiri ada sekitar 20 hingga 30 persen warga Sumatera Utara di Kota Batam. Dan ini merupakan sebuah aset dan sumber daya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam berperan serta memajukan Kota Batam," kata politikus PDI-P ini.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara yang ada di Batam secara khusus dan se-Provinsi Kepri secara umum untuk sama-sama meramaikan pesta rakyat ini. Dan tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Pada pesta rakyat tersebut, nantinya akan dihadiri penyanyi Ibu Kota Judika dan artis lokal Batam serta Bakal menghadirkan 8 tarian etnis dari Sumatera Utara.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Mulyadi Nasution, Bendahara Gabriel Anggito Sianturi, Sekretaris Panitia Effendi Ujung, Ketua Harian Donald R Manaludan, Ketua Dewan Pembina Onward Siahaan dan Dewan Pengawas Sahat Sianturi.

Editor: Yudha