Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

200 Pegawai DPRD Batam Terima Vaksin Booster Kedua
Oleh : Aldy
Rabu | 01-02-2023 | 14:28 WIB
booster-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pegawai di DPRD Batam saat mengikuti vaksinasi booster kedua, Rabu (1/2/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 200 pegawai di lingkungan DPRD Kota Batam menjalani vaksinasi Covid-19 booster kedua (dosis keempat). Vaksin ini digelar di Ruang Serbaguna Lantai 1 Gedung DPRD Kota Batam, Rabu (1/2/2023).

Sekertaris Dewan (Sekwan) Aspawi Nangali, mengatakan pegawai DPRD yang ikut dalam vaksin kali ini, mulai dari honorer, P3K dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Vaksin yang diprakarsai oleh DPRD Batam ini diselenggarakan selama dua hari.

"Sebenarnya hari ini ada beberapa tempat. Di Kantor Pemko Batam, Kantor DPRD, Gedung PTSP dan Disperindag," ujar Sekwan Kota Batam, Aspawi Nangali usai menerima suntikan vaksin.

Aspawi menjelaskan, petugas tenaga medis untuk kegiatan vaksin yang melayani di Kantor DPRD Batam, berasal dari Puskesmas Tanjung Sengkuang yang berjumlah 7 orang. Terdiri dari dua orang untuk screening, dua orang untuk penyuntikan, dua orang untuk penginputan data dan satu orang supir ambulance.

"Sebelum disuntik vaksin, setiap pegawai diperiksa kesehatannya. Di antaranya cek tensi, cek suhu tubuh dan diwawancarai terkait keadaan tubuhnya," terang Aspawi.

Sementara Anggota DPRD Batam dari Fraksi Hanura, Utusan Sarumaha, yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan vaksin booster ke-2 ini mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk mensukseskan program pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid-19.

"Mudah-mudahan ini bisa dilakukan rutin, termasuk kepada masyarakat umum, agar imun masyarakat Batam semakin baik," ujar utusan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan ada sebanyak 25 fasilitas kesehatan di Kota Batam Kepulauan Riau melayani pemberian vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster kedua. Namun khusus untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

"Layanan vaksinasi Covid-19 bisa di seluruh Puskesmas yang ada di Batam. Ada 21 Puskesmas," ujar Didi.

Selain itu, ada juga sentra vaksin lainnya. Di antaranya sentra vaksinasi Grand Batam Mall, sentra vaksinasi Mall Botania 2, klinik Polda Kepri dan klinik Pratama Rumkitban.

"Pemberian vaksinasi penguat kedua untuk masyarakat umum mulai dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2023 lalu, sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan," tutupnya.

Editor: Gokli