Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDI-P Siap Bentengi KPK Secara Politis
Oleh : redaksi
Selasa | 30-11-2010 | 07:01 WIB

Batamtoday, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menitipkan beberapa agenda besar yang harus diprioritaskan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Busyro Muqoddas

"Kasus [bail out] Bank Century, kasus [mafia hukum] Gayus Tambunan, dan kasus Bibit-Chandra," kata Maruarar Sirait dalam Sidang Paripurna Penetapan Busyro Muqoddas sebagai Ketua KPK di Gedung DPR/MPR, Selasa 30 November 2010.

PDIP, kata dia, akan memberikan dukungan politik sepenuhnya kepada Busyro agar KPK dapat menuntaskan tiga kasus tersebut. Meskipun masa kepemimpinan Busyro sebagai Ketua KPK hanya satu tahun. "Periksa yang perlu diperiksa. Tangkap yang perlu ditangkap," ujar dia.

Setelah Maruarar memberikan pandangannya, anggota Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul pun tak mau kalah. Dia meminta, KPK di bawah kepemimpinan Busyro harus mampu menyelesaikan kasus cek pelawat dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Miranda Swaray Goeltom tahun 2004.

Kasus yang telah menjerat 26 tersangka politisi senayan ini --14 di antaranya anggota PDIP-- harus diungkap. "Kalau menegakkan hukum, di depan mata ada yang harus masuk bui, kasus Miranda. Kalau Century tengah berjalan." kata dia.

Busyro terpilih sebagai pimpinan KPK melalui voting yang dilakukan oleh anggota Komisi Hukum. Ia selanjutnya terpilih sebagai ketua komisi antikorupsi, juga melalui voting.