Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harus Memberikan Dampak Positif bagi Masyarakat Sekitarnya

Masyarakat Minta Taman Kota Serikuala Lobam Dikelola Secara Transparan
Oleh : Harjo
Kamis | 19-01-2023 | 12:09 WIB
keramba-ikan1.jpg Honda-Batam
Keraba ikan milik warga di Kolam Taman Kota Serikuala Lobam, Kabupaten Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Taman Kota di Kecamatan Serikuala Lobam, Kabupaten Bintan, yang saat ini butuh sentuhan pemerintah, diharapkan ke depan bisa menjadi nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitaranya.

Nilai tambah itu akan didapat apabila Taman Kota dikelola dengan transparan dan konsep yang jelas. Hal ini yang belum dirasakan masyarakat sekitar semenjak Taman Kota itu dibangun.

"Kondisi Taman Kota saat ini sangat memprihatinkan. Hampir semua fasilatas yang ada di dalamnya rusak parah tak terurus," ungkap salah satu tokoh masyarakat Serikuala Lobam, Erdis Suhendri, Kamis (19/1/2023).

Dikatakan mantan Kepala Desa Teluk Sasah ini, Taman Kota awal dibangun Pemkab Bintan dengan tujuan menjadi pusat olahraga, rekreasi keluarga dan kuliner. Namun, konsep awal yang begitu mulia itu tak pernah terwujud karena tak dikelola dengan baik.

"Jika dikelola dengan benar selama ini dengan konsep bisnis maka tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan pundi-pundi tambahan bagi pengelola, serta bisa memberdayakan UMKM atau pedagang kecil. Karena keberadaan Taman Kota bisa menjadi pusat keramaian dan perputaran ekonomi," kata dia.

Akan tetapi, lanjut Erdis, hingga saat ini masyarakat tidak pernah tahu bagaiman sistem pengelolaan Taman Kota dan apa hasil yang didapatkan selama bertahun-tahun. "Kenyataan di lapangan Taman Kota bukan semakin maju, apalagi untuk berkembang, yang malah makin hancur. Jauh panggang dari api," bebernya.

Ke depan, Erdis berharap, agar Pemkab Bintan segera melakukan pembenahan, baik fasilitas di dalam Taman Kota dan pengelolaan secara transparan. "Harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berkunjung, serta bisa menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat yang positif. Itu yang kita mau dari Taman Kota ke depannya," tutup dia.

Editor: Gokli