Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Resmikan Empat Faskes Rumkital Dr Midiyanto Suratani
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 10-01-2023 | 08:52 WIB
A-ANSAR-RUMKIT-TNI_jpg2.jpg Honda-Batam
Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, SE, M.M meresmikan renovasi dan pembangunan poli rawat jalan Rumkital. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Kepri - Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, SE, M.M meresmikan renovasi dan pembangunan poli rawat jalan, gedung cagar budaya, kamar jenazah dan garasi angkutan Rumkital di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Midiyato Suratani, Senin (9/1/2023) sore.

Usai peresmian, Ansar Ahmad bersama rombongan langsung meninjau beberapa lokasi dari hasil renovasi pembangunan yang dilakukan oleh Rumkital Dr Midiyanto Suratani. Secara simbolis Gubernur Provinsi Kepri menandatangani prasasti dan pengguntingan pita oleh Ketua Komisi 4 DPRD Kepri Dewi Kumalasari menandai peresmian penggunaan fasilitas kesehatan tersebut.

Ansar mengatakan, eksistensi dari TNI di tanah air sudah tidak diragukan lagi dan sangat dirasakan oleh segenap elemen bangsa termasuk di Provinsi Kepri. Ini merupakan bentuk pengabdian dari TNI untuk negara dan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang Kesehatan, peningkatan fasilitas di Rumkital dr. Midiyato Suratani ini sangat berarti bagi masyarakat Kepulauan Riau dalam pemenuhan sarana dan prasarana Kesehatan.

"Saat ini capaian di bidang Kesehatan Provinsi Kepri dapat dilihat dari Indeks pembangunan manusia yang indikatornya adalah kesehatan, Pendidikan dan ekonomi. Angka Indeks Pembangunan Manusia Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 0,67 poin, di mana pada tahun 2021 sebesar 75,79 poin dan pada tahun 2022 menjadi 76,46 poin. Untuk regional Sumatera posisi IPM Kepulauan Riau masih menduduki posisi teratas," papar Ansar.

Ansar juga menjelaskan dalam menyediakan fasilitas kesehatan merupakan bagian tugas bersama yang lebih baik kepada masyarakat karena rumah sakit Dr Midiyanto Suratani ini bukan hanya di peruntukan bagi anggota TNI AL tetapi bagi masyarakat di Kepri khususnya

Ansar juga berharap agar ke depannya beberapa penyakit yang endemik nya tinggi di provinsi Kepulauan Riau ini harus tangani dengan serius seperti kanker stroke, diabetes, dan penyakit jantung dan untuk penyakit stroke pemerintah berharap ada stroke center agar bisa menangani penyakit tersebut secara serius.

"Saat ini capaian di bidang Kesehatan Provinsi Kepri dapat dilihat dari Indeks pembangunan manusia yang indikatornya adalah kesehatan, Pendidikan dan ekonomi. Angka Indeks Pembangunan Manusia Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 0,67 poin, dimana pada tahun 2021 sebesar 75,79 poin dan pada tahun 2022 menjadi 76,46 poin. Untuk regional Sumatera posisi IPM Kepulauan Riau masih menduduki posisi teratas," lanjut Ansar.

Ansar juga menyampaikan harapannya dengan adanya peningkatan fasilitas di Rumkital dr. Midiyato Suratani ini dapat menjadi salah satu penyokong kemajuan bidang Kesehatan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Provinsi Kepri.

"Mudah-mudahan ini bentuk kerjasama yang harus terus kita tingkatkan. Insyaallah nanti melalui APBD kita akan dorong lagi karena saya lihat masih banyak fasilitas yang di butuhkan oleh rumah sakit ini. Harapan kita bisa bersama-sama mendorong kinerja di bidang kesehatan ini bagi kita di daerah itu salah satu urusan wajib implementasi disentralisasi dari enam urusan yang memang sudah di wajibkan oleh pemerintah pusat," tutup Ansar.

Editor: Dardani