Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Jemaja Minta Sabuk Nusantara Bersandar di Pelabuhan Letung
Oleh : Emmi/Dodo
Selasa | 14-08-2012 | 17:39 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Warga Jemaja minta Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas agar mengusulkan Kapal Sabuk Nusantara bersandar di pelabuhan Letung, Jemaja.


"Kami minta pak Bupati agar mengusulkan KM Sabuk Nusantara bersandar di Pelabuhan Letung, bukan hanya di Pelabuhan Kuala Maras saja, sementara jarak antara Kuala Maras dan Letung cukup jauh," ujar salah satu warga Jemaja, Sohib saat safari ramadhan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (13/8/2012) kemarin malam.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, T Mukhtaruddin mengatakan, warga Jemaja agar bersikap adil dengan warga Jemaja Timur, karena Pelabuhan Letung sudah bersandar KM Bukit Raya dua kali sebulan dan Seven Star dan VOC Batavia.

"Warga Jemaja saya minta harus bersikap adil karena pelabuhan Letung sudah ada 6 kali kapal bersandar, sementara Kuala Maras hanya Sabuk Nusantara, jika Sabuk Nusantara juga bersinggah di Letung akan menambah biaya bahan bakar siapa yang menanggungnya. Pelabuhan Kuala Maras harus tetap berfungsi karena pelabuhan tersebut dibangun oleh pemerintah Provinsi Kepri, jadi harus tetap difungsikan jika tidak difungsikan maka akan salah total," kata Bupati.

Bupati juga menambahkan, pelabuhan Letung belum bisa bisa dikategorikan pelabuhan standar apalagi jika musim angin utara.

"Pelabuhan Letung belum standar untuk pelabuhan makanya Bukit Raya juga terpaksa lego jangkar di laut karena pelabuhannya belum memadai untuk kapal besar," kata Bupati.