Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kartu Kendali BBM Solar Subsidi

Disperindag Batam Luncurkan Fuel Card 3.0 Januari Mendatang
Oleh : Aldy
Jumat | 30-12-2022 | 12:08 WIB
fuel-card.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, berencana meluncurkan Fuel Card 3.0 pada Januari mendatang. Fuel Card ini sebagai kartu pengendali pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar bersubsidi.

Kadisperindag Batam, Gustian Riau, menegaskan dalam peluncuran Fuel Card 3.0 ini, pihaknya menargetkan dapat langsung digunakan mulai 13 Januari 2023 mendatang.

"Masih banyak temuan hingga saat ini. Kartu sebelumnya banyak dipalsukan, sebagai kartu pendahulu, bahkan ada petugas SPBU yang sudah mulai malas apabila menerima pembeli dengan kartu lama," terangnya saat ditemui di Kawasan Pasar MB2 Batam Center, Jumat (30/12/2022).

Disperindag Batam juga menemukan fakta pengguna kartu Brizzi yang kendaraannya tidak berada di Kota Batam. Bahkan pihaknya juga menemukan adanya temuan kartu Brizzi palsu yang banyak digunakan oleh oknum penimbun BBM solar.

"Kita kan sering menangkap yang ingin bermain di SPBU. Ada kartu yang diduplikasi hingga ratusan, dan ada kendaraan yang terdaftar di Batam namun kendaraannya ada di Pekanbaru," paparnya.

Kendati demikian, Gustian juga mengakui, keinginan pengguna BBM jenis Solar yang kurang antusias mengenai peluncuran Fuel Card 3.0. Hal ini dibuktikan dengan pengguna kartu Brizzi yang enggan dalam melakukan pengurusan ulang data sebagai konsumen.

Dari data yang dimiliki, saat ini baru 2.800 pengguna yang melakukan pengurusan ulang dari total 6.500 pemegang kartu Brizzi. "Banyak yang masih enggan. Saya rasa lebih dikarenakan oknum-oknum itu sudah tidak bisa lagi bermain dan ingin menimbun BBM solar," tegasnya.

Saat ini, pihaknya mengaku telah melakukan upaya sosialisasi baik berupa spanduk, maupun surat pemberitahuan kepada organisasi angkutan umum, dan pengguna kendaraan pribadi jenis solar.

Disperindag Batam juga mengatakan, penggunaan kartu Brizzi untuk pembelian solar hanya dapat digunakan hingga 31 Januari 2023 mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pendataan ulang, diharapkan dapat mendatangi posko yang dibuka di lantai 1 dan lantai 5 di Gedung Bersama Pemko Batam. "Bagi pengguna kartu Brizzi kuning bisa melakukan registrasi ulang di kantor kami baik di lantai 1 atau lantai 5 Gedung Bersama Pemko Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli