Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Batam Canangkan Kampung Germas di Perumahan Genta 1 Batuaji
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 29-12-2022 | 13:00 WIB
Kampung-Germas-Genta-1.jpg Honda-Batam
Pecanangan Kampung Germas di Perumahan Genta 1 RW05, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam, Rabu (28/12/2022). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan Kota Batam mencanangkan Perumahan Genta 1 RW05, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji sebagai Kampung Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Rabu (28/12/2022).

Sebagai Kampung Germas, masyarakat di RW05 Perumahan Genta 1 Batuaji, akan membagun sitem kesehatan secara mandiri berbasis kearifan lokal.

"Pencanangan Kampung Germas dijalankan oleh warga, semua atas kesadaran masyarakat untuk kesehatan individu," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Batam, dr Anggraini di Perumahan Genta 1 Batuaji.

Menurutnya, Kampung Germas didirikan untuk menggerakkan masyarakat agar peduli kepada kesehatan, keberhasilan setiap lingkungan. "Hari ini kami mewakili Ibu Wagub Kepri untuk membuka Kampung Germas di Kecamatan Batuaji," ujarnya.

Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy, yang turut hadir dalam pencanagan Kampung Germas itu, berharap hal serupa bisa dicontoh wilayah lainnya, khususnya yang berada di Kecamatan Batuaji.

Lanjutnya, jika sistem unit kesehatan bisa dibangun dari hal kecil, maka masyarakat akan mandiri dalam masalah kesehatan. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. "Penanggulangan (masalah) kesehatan dari unit terkecil, antara lain, dengan membangun iklim yang konsisten dan integratif, salah satunya dengan kegiatan ini," ujarnya.

Kompol Guchy menuturkan, pihaknya akan mendukung kegiatan tersebut dengan kehadiran Babinkamtibmas Kelurahan Buliang. "Demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas yang bisa terjadi setiap saat, sehingga perlu dilakukan pemantauan dan pengawasan," pungkasnya.

Editor: Gokli