Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar Buka Championship Silat Walet Puti 2022 di Karimun
Oleh : Freddy
Rabu | 28-12-2022 | 17:09 WIB
pembukaan-silat-puti1.jpg Honda-Batam
Pembukaan Championship Silat Walet Puti 2022. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad resmi membuka Championship Silat Walet Puti 2022 yang dilaksanakan di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Rabu (28/12/2022).

Championship Silat Walet Puti 2022 diikuti sebanyak 171 pesilat dari perguruan Walet Puti yang berasal dari Kabupaten Karimun, Kota Batam dan Kabupaten Bintan. Selain itu kejuaraan silat ini juga diramaikan 32 pesilat dari berbagai Perguruan Pencak Silat (PPS) di Karimun.

Gubernur dalam sambutannya berharap kegiatan ini tidak hanya berbentuk olahraga, akan tetapi sebagai ajang untuk memperkokoh persaudaraan dan silaturahmi.

Ia menjelaskan pencak silat berkembang pesat yang awalnya silat ini merupakan seni tradisional. Akan tetapi kemudian menjadi olahraga beladiri yang dipertandingkan dan berorientasi kepada prestasi.

"Selain itu kita perlu bersyukur karena sejak tahun 2019, UNESCO telah menetapkan olahraga beladiri silat ini sebagai warisan budaya. Sehingga patut bangga karena seni bela silat berawal dan berakar dari Indonesia, maka silat ini perlu diperkenalkan dan dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang tentunya dikontrol pelatih agar tak hilang dari kaedah-kaedah keasliannya dan tidak sampai berubah," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga gubernur Ansar Ahmad melafazkan sholawat Qubra dengan suaranya yang terdengar merdu dan diikuti oleh para pesilat.

Ungkap Ansar ahmad , rencananya tahun 2023 nanti akan digelar kejuaraan daerah (Kejurda) dan dilanjutkan dengan silat Sijori. "Kalau bisa pelaksanaan Kejurda silat dan Kejuaraan silat Sijori dilaksanakan di Kabupaten Karimun," ujar Ansar.

Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq sangat menyambut baik atas terselenggaranya Champhionsip Silat Walet Puti dan kalau memungkinkan tahun depan digelar lagi di Karimun.

"Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang menggelar kegiatan ini. Semoga berjalan lancar dan sukses," harapnya.

Supriyadi, Ketua IPSI Kabupaten Karimun mengucapkan terima kasih kepada Perguruan Walet Puti atas terlaksananya kejuaraan ini. "Semoga berjalan lancar, aman dan sukses," pungkasnya.

Editor: Yudha