Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Kapal Domestik Tambah Armada
Oleh : ali/dd
Selasa | 14-08-2012 | 11:01 WIB

BATAM, batamtoday - Jelang hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah, operator kapal di Pelabuhan Ferry Telaga Punggur menambah dua armada kapal. Penambahan dilakukan mengatasi lonjakan arus mudik dari serta menuju Batam, Tanjunguban, Tanjungpinang dan Dabo Singkep yang diperkirakan mencapai dua kali lipat penumpang dari hari liburan.


"Sudah ada dua armada tambahan dari dua pihak operator, masing-masing Baruna 1 dan Marina 1. Dengan jumlah kapal keseluruhan saat ini sebanyak 19 dan 16 speedboat," kata Nurdianto, Kepala Pelabuhan Punggur, Selasa (14/8/2012).

Nurdianto mengatakan, dengan jumlah kapal dan speedboat yang tersedia, sudah dapat mengatasi jumlah lonjakan arus mudik dan balik lebaran. Dari tahun sebelumnya dalam per hari bisa mencapai 3.000 penumpang, sehingga jadwal keberangkatan dipercepat dari sebelumnya.

"Kapal penuh langsung berangkat, kalau biasanya menunggu jam sesuai jadwal keberangkatan," jelasnya.

Hingga saat ini, jelasnya, harga tiket untuk tujuan ke wilayah kepulauan Riau belum mengalami perubahan. Untuk harga tiket Batam-Tanjungpinang berkisar Rp40 ribu setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.15 WIB. Sedangkan rute Batam-Dabo dengan harga tiket berkisar Rp200 ribu.

Untuk harga tiket speedboat rute Batam-Tanjunguban harga berkisar Rp30 ribu setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Sedangkan, untuk jalur keberangkatan kapal roro, dikatakan Nurdianto hingga saat ini belum ada mengalami perubahan.

"Tapi untuk rute seperti Telaga Punggur-Tanjung Balai Karimun mengalami perubahan jadwal keberangkatan menjadi hari Jumat pukul 08.30 WIB dengan menggunakan KMT Sinangin, " terangnya.

Sedangkan untuk tujuan Punggur-Tanjunguban dan sebaliknya, katanya, saat ini sudah terdapat 6 trip. Terkait dengan jumlah armada, pihaknya mengatakan terdapat satu kapal yang sudah selesai masa perawatan sehingga siap dioperasikan mengangkut calon penumpang.

"Sudah ada satu armada yang docking. Rencananya, dockingnya pada bulan Agustus ini, tapi dipercepat dengan pertimbangan untuk mengangkut penumpang jelang hari raya," tuturnya kepada batamtoday.

Armada kapal yang sudah siap mengantisipasi lonjakan di pelabuhan roro yakni KMT Barau, KMT Kuala Bate II dan KMT Suwarna Benawan hari ini, Selasa (14/8/2012)  rencanannya tiba di dermaga.

Dengan harga tiket tujuan Batam-Uban untuk biaya sepeda motor dikenakan biaya Rp24 ribu. Sementara, untuk mobil pribadi harganya mencapai Rp173 ribu. Sedangkan biaya mobil pick up Rp154.500 dan untuk truk dengan muatan kosong harga tiket mencapai Rp272.500 dengan harga per tonnya Rp9.500 dengan muatan minimal 4 ton yang diperbolehkan untuk lewat.

"Untuk biaya per orangnya mencapai harga Rp14.500," paparnya.