Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Berharap Petani Sorgum Bisa Mandiri Usai Pendampingan Tim OVOC IPB
Oleh : Harjo
Rabu | 14-12-2022 | 12:40 WIB
diskusi-sorgum1.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Roby Kurniawan bersama jajaran saat diskusi dengan petani sorgum dan Tim OVOC IPB di Desa Lancang Kuning, Selasa (13/12/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Roby Kurniawan mengunjungi petani sorgum di Desa Lancang Kuning, Selasa (13/12/2022), untuk diskusi bersama Tim OVOC (one village one CEO) Institut Pertanian Bogor yang melakukan pendampingan para petani.

Bupati Roby ingin mendengarkan langsung seperti apa kondisi maupun harapan para petani sorgum untuk selanjutnya diimplementasikan dalam bentuk kebijakan.

"Saya lebih ingin duduk bersama. Kita diskusi bersama, putuskan bersama. Yang penting komitmen. Karena kalau bisa biarlah sekali saja dibantu, didampingi betul-betul, nanti bisa dilepas setelah mandiri," kata Roby Kurniawan.

Obrolan seputar sorgum tersebut melahirkan beberapa gambaran serta gagasan untuk perkembangan ke depannya. "Bahkan setelah petani kita mandiri, kalau masih butuh pendampingan kita gerakkan BUMDes yang ada, biar hasilnya juga mendongkrak PADes," tambahnya.

Tim OVOC IPB telah lebih sebulan melakukan pendampingan sekaligus riset lapangan. Hal yang difokuskan pada komoditi sorgum mulai dari penanaman, olahan produk yang dapat dihasilkan hingga pemasaran.

Diskusi bersama petani dan Tim OVOC ini dihadiri Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Kadis Ketahanan Pangan Bintan serta beberapa OPD lainnya. Dari sini juga direncanakan nantinya akan dipetakan kebutuhan pertanian untuk dimasukkan dalam prioritas kebijakan.

Editor: Gokli