Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Lebaran, Etnis Cina dan India Siap Amankan Malaysia
Oleh : Redaksi
Senin | 13-08-2012 | 10:10 WIB
Community_Polis_Malaysia.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Community Polis

PUCHONG, batamtoday - Menjelang perayaan Idul Fitri, mayoritas masyarakat etnis Melayu akan diliburkan. Untuk memberikan rasa aman yang lebih, polisi diraja malaysia (PDRM) terus melakukan peningkatan pengamanan dengan dibantu anggota keamanan dari masyarakat sipil multi etnis, diantaranya China dan India.


Di kawasan Selangor misalnya, sekitar 1500 polisi komunitas (CP) yang terdiri dari masyarakat India dan China non militer, telah disiapkan untuk membantu tugas pengamanan saat libur lebaran. 

"CP (Community Polis.red) China dan India akan bersama-sama melakukan tugas pengamanan saat libur lebaran, karena mayoritas orang Melayu akan libur, begitu juga sebaliknya yang dilakukan etnis Melayu saat libur hari besar China dan India," tutur Tun Hisan Tun Hamzah, kepala polisi Selangor, dikutip dari laman Berita Harian, Senin(13/8/2012).

Menurut Tun Hisam, dalam pengamanan nantinya CP akan tetap dibawah kontrol Kepolisian. Tugas mereka hanya melakukan pengamanan di tiap lingkungan dengan mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Pembagian ronda telah ditentukan untuk mencegah kejahatan yang kerap terjadi saat libur lebaran.

"Dengan intensifnya pengamanan sipil seperti ini, kami berharap kasus kejahatan pecah rumah yang biasanya marak, dapat ditekan," katanya.

Sementara itu, Kepala CP kawasan Selangor, Kuen Chee Heng, berkata hingga saat ini anggotanya telah siap, bahkan sebagian sudah terjun untuk melakukan tugas pengamanan. 

"Apa yang kami lakukan adalah bentuk rasa saling menghormati, sebagaimana yang ditunjukan masyarakat Melayu saat perayaan hari besar China dan India," tuturnya.