Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Tourism Polytechnic Luluskan 173 Mahasiswa Angkatan ke-5
Oleh : Aldy
Minggu | 27-11-2022 | 12:04 WIB
btp_batam_2022_b.jpg Honda-Batam
Batam Tourism Polytechnic (BTP) berhasil meluluskan 173 mahasiswa pada angkatan Ke-5 tahun 2022 (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Batam Tourism Polytechnic (BTP) berhasil meluluskan 173 mahasiswa pada angkatan Ke-5 tahun 2022. Kegiatan yang dilakukan di Auditorium BTP, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Diikuti 136 mahasiswa, sementara 37 mahasiswa lainnya mengikuti kegiatan secara daring.

"Ada 37 mahasiswa kami yang masih bekerja dan magang di Jepang, Inggris, Korea, Amerika. Mereka bekerja disana, disaat masih menempuh pendidikan di BTP," ungkap Direktur BTP, M. Nur A. Nasution, S.sos, M.Pd, CHA, Sabtu (26/11/2022).

Nur menjelaskan, dalam upacara pelulusan ini bahkan beberapa mahasiswa yang ikut secara tatap muka, diketahui masih bekerja di industri pariwisata Dubai.

"Yang diwisuda ini 80 persen statusnya sudah bekerja, 20 persen on going, terserah mereka mau kemana, mereka bisa memilih ke negara mana yang mau mereka tuju, kita yang fasilitasi," tambahnya.

Tidak hanya kesempatan bekerja di luar negeri, Nur menambahkan saat ini pihaknya tengah berkomitmen menjalankan program khusus 'Kampus Apurva' Bali, dengan 5 (lima) semester pembelajaran di kampus Politeknik Pariwisata Batam, dan 3 (tiga) semester pembelajaran praktek di Hotel The Apurva Kempinski Bali.

The Apurva akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa program khusus berupa praktek lapangan kerja di Hotel The Apurva Kempinski Bali dengan format 1 (satu) semester pembelajaran dasar operasional hotel di lapangan di satu bidang yang sudah di pilih.

Kemudian 2 (dua) semester pembelajaran manajemen operasional hotel di lapangan di bidang yang sama. "Program ini fokus pada pengembangan di bidang Manajemen Divisi Kamar, Manajamen Tata Hidang, Manajemen Kuliner," paparnya.

Membahas mengenai BTP, Nur menyebut merupakan peluang besar bagi mahasiswa dan calon mahasiswa Batam, untuk bisa magang dan berkarir di luar negri, terutama di negara maju.

"Sayang sekali kalau anak-anak Batam tidak memanfaatkan BTP, dimana kami ini mempunyai link hampir di seluruh negara maju, ini yang tidak semua dimiliki oleh kampus lain," katanya.

BTP Batam saat ini memiliki jurusan dengan lulusan magister terapan program studi Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata serta diploma 4 yang terdiri atas program studi Manajemen Divisi Kamar, Tata Hidangan, dan Manajemen Kuliner.

Editor: Surya